Pemulihan Gambar Diri

Gambar diri adalah penilaian dan pendapat kita tentang diri kita sendiri.

“The Mirror Law” – The matter most is how you see yourself.

Your mind is your mirror. (Amsal 23:7a)

Everything is created twice, in mind n in reality.

Pemulihan gambar diri diperlukan karena gambar diri akan mempengaruhi:

  1. Prestasi tertinggi dari seseorang
  2. Bagaimana seseorang membawakan dirinya
  3. Memperngaruhi bagaimana kita memandang orang lain dan berhubungan dengan orang lain

Ada empat sumber tentang diri kita, yaitu:

  1. Apa kata orang lain
  2. Apa kata lingkungan/budaya
  3. Apa kata diri sendiri
  4. Apa kata Allah

Yang terpenting adalah pandangan Allah tentang manusia, yaitu bahwa:

  1. Manusia itu diciptakan seturut dan serupa gambar Allah (Kejadian 1:26-28)
  2. Manusia itu berharga dan mulia di mata Allah (Yesaya 43:4)
  3. Manusia itu diciptakan secara dahsyat dan ajaib (Mazmur 139:13-16)

Oleh karena itu, sudah seharusnyalah manusia bersyukur atas keberadaannya di dunia.

Penyebab rusaknya gambar diri manusia adalah tidak terpenuhinya kebutuhan dasar manusia, yaitu rasa berharga, rasa diterima, rasa berguna dan rasa memiliki.

Jadi, setelah mengetahui bagaimana gambar diri yang benar di hadapan Allah, manusia harus menerima pemulihan gambar diri dengan:

  1. Menemukan akar penyebab mengapa manusia memiliki gambar diri yang salah
  2. Bertobat dan minta ampun karena telah menghina ciptaan Tuhan dan menyia-nyiakannya
  3. Minta Tuhan untuk memulihkan dirinya sehingga memiliki gambaran yang benar akan dirinya sendiri seperti Tuhan memandang dia
Advertisements

Self Image (Gambaran Diri)

Gambaran diri kita menurut Tuhan itu sangat baik, kita sangat indah. Tuhan menciptakan kita sempurna sebab Allah kita bukan Allah yang gagal dan menciptakan “barang trial” seperti manusia menciptakan sebuah alat yang perlu “trial” terlebih dahulu. Tuhan kita hebat, sungguh dahsyat dan ajaib. Dia sungguh kreatif! Sehancur apapun hidupmu, Dia sangat senang menerimamu apa adanya dan Dia sangat sanggup untuk memulihkan hidupmu secara total (bukan setengah-setengah). Tuhan ingin gambaran diri kita dipulihkan dalam proses menuju keserupaan dengan Yesus. Jadi, selalu pikirkanlah “APA KATA TUHAN TENTANG SAYA?”.

Tuhan menciptakan kita menurut gambar-Nya (Kejadian 1:26-27) oleh sebab itu jangan rendah diri! Minder ga berguna! Tetapi jangan sombong atau mencari keangkuhan hidup! (Matius 23:12) Menjadi seorang yang rendah hati itu penting (Filipi 2:5-8). Kesombongan untuk jadi pusat perhatian dan gila hormat itu dari iblis (Yesaya 14:12-14) sehingga iblis menggoda manusia dengan tipu muslihat dan merusak gambaran Allah di mata manusia (Kejadian 3:4-5). Meski kamu miskin di dunia, tetapi kamu punya Bapa di Surga yang super kaya. KAMU BUKAN PECUNDANG, KAMU BUKAN ORANG YANG GAGAL, KAMU BUKAN ORANG JELEK, MESKIPUN ORANG LAIN MENGATAKAN HAL-HAL YANG JELEK TENTANG KAMU! Jangan pedulikan kata-kata negatif itu! Dengar kata Tuhan saja, bukan kata orang lain! (Yesaya 43:4). Manusia melihat rupa, tetapi Tuhan melihat hati (1 Samuel 16:7). Dan yang lebih penting lagi, jangan mengatakan kata-kata yang tidak baik bagi diri sendiri! Don’t ever say those killer statements: aku jelek, aku ga bisa, aku payah, aku gagal, aku dibuang, aku tertolak, aku ga mungkin sukses, dsb. Selalu perkatakan hal-hal yang positif dan membangun pada dirimu sendiri atau orang lain setiap saat! Sebab, bukan hanya “you are what you think” tapi juga “you are what you say” (Amsal 18:21). Ingatlah, ketika kamu menghina sesuatu di dunia ini, kamu sedang menghina Penciptanya.

Sejak kejatuhan Adam dan Hawa, manusia berdosa dan kehilangan kemuliaan Tuhan sehingga manusia sungguh-sungguh telah menjadi tidak serupa dengan Tuhan. Gambaran diri kita menurut iblis itu sangat jelek, iblis selalu berusaha untuk merusak pandangan kita tentang diri kita sendiri (gambaran Tuhan di dalam kita). Iblis selalu membuat kita berpikir “APA KATA ORANG LAIN TENTANG SAYA?”.

Iblis memberikan gambaran  diri yang rusak, sehingga manusia berpikir:

  • Supaya saya berharga, saya harus memenuhi standar tertentu
  • Supaya saya dapat diterima oleh orang lain, saya harus mempertahankan penampilan/standar tertentu
  • Barang siapa gagal (termasuk diri sendiri) tidak layak dikasihi dan pantas dihukum
  • Saya sudah seperti ini, tidak bisa berubah, tidak punya harapan

Salah satu cara iblis merusak gambaran diri manusia adalah melalui tattoo dan piercing (tindik). Padahal, tahukah kamu orang-orang yang telah melakukan itu cenderung menjadi lebih memberontak dan melakukan hubungan seks pra-nikah? Tahukah kamu dengan begitu kamu telah cacat secara roh? Dan tahukan kamu kalau iblis telah mengklaim Tuhan bahwa orang-orang yang mempunyai tattoo dan piercing sebagai miliknya?

Kamu boleh tetep cakep dan gaul, tapi harus kudus! Kalau kamu udah terlanjur ditattoo, tutupin itu! Jangan dipamerin lagi! Kalau kamu udah dipiercing, lepas! Mumpung masih muda, masih bisa ketutup lagi! Cewek cuma boleh punya masing-masing 1 piercing di telinga yaaa…

Iya, Tuhan sayang kamu apa adanya, tapi tetep sesuai dengan Firman-Nya (always back to the Bible)! Berubah, baca Alkitab! Supaya kamu bener-bener kenal Tuhan dan tahu betul kehendak-Nya sama kamu. Mungkin kamu kira penampilan ga masalah, karena Tuhan ngeliat hati kita. Emang! Tapi orang lain kan ga tahu hati kita gimana! Jangan sampai penampilan kamu mengganggu/jadi batu sandungan bagi orang lain dalam pelayanan kamu pada Tuhan (1 Korintus 10:23-24). Jadi anak gaul, tapi bukan suam-suam kuku sama Tuhan. Cuma ada “YA, TUHAN” atau “tidak” sama sekali!

Selama kamu masih diberi kesempatan hidup oleh Tuhan, kamu PASTI masih bisa berubah dan bertobat. Sebab tak ada yang mustahil bagi Tuhan, asal kamu mau membuka hatimu bagi Dia.

Sekarang, musik apa yang kamu dengar? Iman model apa yang dihasilkan dengan mendengarkan musik semacam itu? Apakah itu membawamu lebih dekat kepada Tuhan atau malah semakin menjauhi dari Tuhan? Tahukah kamu bahwa ketika kita bernyanyi itu kita sedang berfirman (memperkatakan sesuatu)? Jadi, pilihlah musik-musik yang membangun ke arah hal-hal yang positif. Seleksi lagu-lagu yang kamu dengar, nyanyikan atau ciptakan berdasarkan motivasi lagu tersebut diciptakan (popularitas, uang, pelampiasan, kutuk, penyesatan, iseng-iseng, lagu kebangsaan, kemuliaan Tuhan) bukan genrenya (alirannya). Bukan soal siapa penciptanya tetapi apakah Roh Tuhan ada dalam lagu tersebut atau tidak. Perhatikan kepada siapa fokus lagu tersebut (mengagungkan Tuhan atau keegoisan manusia semata –patah hati, cinta buta, dsb-).

Cobalah untuk mengutamakan hal-hal yang bersifat ke-Tuhan-nan. Jangan pernah berpikir bahwa berkarya untuk hal-hal yang bersifat ke-Tuhan-an akan mematikan kreativitas kita. Tetapi percayalah, justru bersama Tuhan, kita dimampukan untuk berkarya lebih kreatif lagi! (Amsal 23:18) Karena jika Dia memberi kita talenta, Dia pasti akan sepenuhnya memperlengkapi kita sampai tuntas. Gunakan talenta yang kamu miliki hanya untuk kemuliaan Tuhan! (Roma 11:36)

BELIEVE AND SAY IT WITH FAITHFUL IN GOD EVERYTIME! WITH JESUS CHRIST, I AM THE HISTORY MAKER IN THIS CENTURY! I AM NOT A LOSER ANYMORE! I AM MORE THAN A WINNER! I AM THE WINNER OF THE WINNERS!

Pemulihan Hati Bapa

Gambaran Bapa Surgawi yang sebenarnya:

  1. Allah memiliki otoritas dan sangat berkuasa, tetapi Dia sangat penuh kasih dan pengampunan. Dia bukan seorang bapa yang otoriter/kejam juga bukan seorang bapa yang tidak berotoritas/loyo. (Matius 10:29-31)
  2. Allah kita setia dan dapat dipercaya, Dia bukan bapa yang ingkar janji (Mazmur 12:7-8).
  3. Allah sangat menghargai kita sebagai anak-anaknya (Mazmur 27:10), Dia tidak pernah memadamkan semangat kita, tetapi Dialah sumber pengharapan kita.
  4. Allah mendisiplinkan kita untuk kebaikan kita bukan untuk menyiksa kita (1 Yohanes 1:9; Ibrani 12:10-11; Wahyu 3:19)
  5. Allah itu dekat dan selalu menunggu kita untuk “curhat”. Dia bukan bapa yang jauh, formal dan tidak mau mendengarkan kita. (Yeremia 29:12-14)
  6. Allah mengasihi kita tanpa syarat apapun. Dia bukan bapa yang baik dan menyayangi kita hanya ketika kita telah mencapai standar tertentu (prestasi, dsb). (1 Yohanes 4:10)
  7. Allah melihat hati kita. Dia menghargai setiap usaha dan kerinduan kita pada-Nya. Dia bukan bapa yang pilih kasih. (1 Samuel 16:7b)

Bapa di Surga tidak pernah mengutuk, tetapi selalu memberkati. Sekalipun kita sering melukai Tuhan, tapi Tuhan tetap setia dan sangat mengasihi kita. Bagi Dia, kita jauh lebih berharga dari apapun. (Mat 10:29-31; Yesaya 43:4)

Langkah-langkah pemulihan:

  1. Melihat gambaran Bapa yang benar (Bapa di Surga)
  2. Alami kasih Bapa di Surga
  3. Miliki keterbukaan (jangan ja-im) dan kemauan untuk berubah
  4. Lepaskan pengampunan kepada bapa jasmani kita (Maleakhi 4:5-6) sebab jika kita tidak mengampuni orang tua, kita terkutuk (Ulangan 27:16)

Sejahat apapun yang dilakukan orang tua kita kepada kita, bahkan sampai menggugurkan anaknya sekalipun, yakinlah bahwa mereka telah dan selalu ingin berusaha semaksimal mungkin semampu mereka untuk selalu melakukan dan memberikan yang terbaik bagi kita hanya mereka tidak mengerti bagaimana cara mengungkapkannya. Cara pandang kita dan mereka sering berbeda karena posisi kita dan mereka juga berbeda. Mereka bukannya tidak mencintai anak-anaknya, hanya saja mereka menyatakan cintanya dengan cara mereka sendiri, bukan dengan cara yang diinginkan anak-anaknya. Oleh karena itulah kita perlu selalu terbuka dengan orang tua kita, seberat apapun konsekuensinya. Kita tak mungkin meminta sesuatu kepada orang lain jika mereka tak memiliki yang kita inginkan, mungkin orang tua kita juga tidak pernah mendapatkan “hal yang kita inginkan itu” dari orang tua mereka. Tetapi percayalah, selalu memberi yang terbaik untuk kita, berarti dilahirkan dan dipelihara oleh orang tua kita yang sekarang itu adalah yang terbaik untuk kita ketimbang jika kita diasuh oleh orang tua lain. Yang terbaik yang bisa kita lakukan adalah tidak mengungkit masa lalu, mengampuni mereka dan diri sendiri, lalu menerima dan menjalani hidup kita sesuai panggilan Tuhan dengan penuh sukacita.

Raising The Standard

Hidup kudus! Kita bukan manusia biasa! Bersama Tuhan Yesus Kristus, kita bisa lakukan apa saja!

Miliki kasih Agape! Kasih yang tanpa syarat. Bukan mengasihi karena ketertarikan fisik, seksual, materi, atau karena kasihan sama orang itu! Hanya Tuhan yang layak kamu kasihi lebih dari apapun, sebab dia rela korbankan seluruh hidupnya bagimu. Yesus rela meninggalkan segala yang Dia miliki di Surga untuk menyelamatkan nyawamu! Tuhan Yesus setia, Dia selalu menunggumu, Dia sangat mengasihimu.Tetapi kasihilah manusia (siapapun, bahkan orang tuamu sekalipun) sama seperti kamu mengasihi dirimu sendiri (tidak kurang tidak lebih)! (Matius 10:37) Pacaranlah kalau kamu sudah “dewasa rohani” dan sudah hidup mandiri (punya penghasilan sendiri). Jangan sembarangan curhat apalagi sama lawan jenis! Pilih teman curhat yang tepat, yang dewasa rohani tentunya supaya bisa memberikan solusi yang tepat juga (tidak menjerumuskan kamu ke hal-hal yang malah membuat hidup kamu semakin rumit), dan ingat, curhat dengan orang yang sejenis (satu gender) itu lebih baik. Jangan cengeng! Kamu adalah orang-orang pilihan Tuhan yang perkasa dan membawa damai bagi orang lain dan bagi Tuhan. Percayalah, ketika kamu sungguh-sungguh hidup di dalam Tuhan, Ia akan memberikan kamu pasangan yang terbaik.

Bijaklah dalam memilih pakaian, jaga cara berpakaian sejak dari dalam rumah (meskipun dalam kehidupan sehari-hari di rumah). Apalagi sebagai cewek, kamu harus sopan dimanapun kamu berada! Ingat! Di sekitar kamu ada cowok! Cowok itu makhluk ajaib! Mungkin wanita ngerasa hal-hal sepele seperti itu (baju minim, pegangan tangan, cipika-cipiki) biasa aja, tapi buat cowok itu berjuta rasanya! Sebab cewek menghasilkan 800 sel telur dalam masa menjelang kedewasaan sedangkan cowok menghasilkan triliunan sperma! Dari masa remaja menuju dewasa, manusia mengalami 600 kali peningkatan seksual. Cowok berani kurang ajar sama cewek, itu karena ceweknya juga “suka ngasih lampu ijo”. Ada sebab, ada akibat! So, ubah cara kamu bergaul! Jangan ngasal-ngasal (pegang-pegang, naplok sana sini) lagi ya! Kamu punya hak sepenuhnya atas dia, kalau dia udah jadi suami/istri kamu. Kalau belum, meski kalian udah pacaran, kalian belum boleh “macem-macem”! At least, mulut kamu berubah untuk sering memperkatakan Firman Tuhan. Oh ya, dilarang onani/masturbasi juga ngerokok! Itu dosa dan ga sehat! (Imamat 15:2-4; Ayub 20:12-16; Matius 7:6)

Jaga kekudusan hidupmu! Jaga aurat kamu sendiri! Kamu bisa makan makanan all you can eat tapi kamu ga boleh pake baju all you can see! Juga jangan melihat aurat orang lain (termasuk keluarga sendiri)! Wanita dan pria harus saling menghargai, sebab ujung-ujungnya kita akan jadi mempelai Kristus. Hargai tubuhmu sebab kamu mahal harganya di hadapan Tuhan! Kamu harus punya standar kekudusan kamu untuk hidup benar di hadapan Tuhan, sebab Tuhan mencari orang-orang yang unik (punya gaya hidup yang beda, tak sama dengan orang-orang di dunia) untuk menjalankan rencana-rencana-Nya yang ajaib dan sangat dahsyat. (Ayub 31:1; 2 Korintus 5:17)

Tuhan ingin kita berkuasa, Dia mau pakai kita jadi pahlawan-Nya yang perkasa. Tetapi iblis ga suka dan ga ingin kita menerima rencana Tuhan, jadi dia selalu berusaha menghancurkan kita sejak sedini mungkin! Iblis itu super licik and smart. So, be aware! Selalu hidup intim sama Tuhan, minta perlindungan Tuhan! Minta hikmat Roh Kudus supaya kamu bisa hidup bijak dan membedakan mana yang dari Tuhan atau dari iblis. Segala sesuatu yang jahat, itu ditabur oleh si jahat (iblis). Tapi kalau kamu intim sama Tuhan, Tuhan bakal ngasih tahu kamu hal-hal yang tak tersingkapkan itu sehingga kamu bisa jauh lebih pinter dari si iblis. Kita akan dipakai Tuhan secara luar biasa. Inget, bukan Tuhan yang menjauhkan diri dari kita, tetapi kita yang suka ngejahatin Tuhan! (terang tak bisa bersatu dengan gelap)

Selalu ingat, ada 2 hukum yang berlaku! Pertama, hukum Tuhan (yaitu hukum kasih) dan kedua, hukum dunia (hukum tabur-tuai). Inget, suatu saat kamu bakal jadi orang tua. So, jangan pernah pikir hanya untuk memuaskan kesenangan sesaat kamu di waktu yang singkat ini. Tapi, belajarlah berpikir panjang, berpikir tentang masa depan anakmu kelak. Apa yang kamu lakukan sekarang, juga akan dilakukan oleh anakmu kelak. Dosa adalah dosa, sampai kapanpun tetaplah dosa, sekecil apapun itu..ga ada tempat untuk dosa di Surga!

Apa beda pornografi dan seni? Pornografi itu menimbulkan rangsangan pada alat kelamin, sedangkan seni itu menimbulkan perasaan keindahan. Akibat dari pornografi yaitu menyusutnya otak. Tuhan memang mengampuni segala dosamu jika kamu mengakui semuanya (dosa yang tidak diampuni adalah dosa yang tidak diakui – 2 Tawarikh 7:14). Tetapi ingat konsekuensi tubuhmu dan keturunanmu! Keturunan yang cacat (fisik atau mental) adalah akibat dari aborsi dan hal-hal tercela lainnya yang dilakukan oleh orang tuanya. Tuhan memberikan Roh-Nya tetapi tubuh bayi itu tergantung kalian! Output tergantung input! Setan ga tinggal diem aja loh, dia akan kejar kamu sampai ke keturunanmu yang terakhir sekalipun. Pertama, dia akan curi matamu (sebab matamu adalah pelita tubuhmu), terus seluruh tubuhmu, kemudian membinasakanmu sampai ke neraka. (Yoh 10:10a) So, selalu bersukacita untuk jaga hidup kudus dan jangan berantem sama ortu! Nurut aja, belajar diem dan dengarkan kalo dinasehatin! Jaga pergaulan! Pergaulan yang buruk merusak kebiasaan yang baik. Kamu boleh menjangkau/menginjili teman-teman yang ga bener hidupnya kalau kamu sendiri sudah stabil, dalam artian sudah kuat imannya di dalam Tuhan dan sudah benar hidupnya di hadapan Tuhan. Kalau belum, jangan coba-coba deh! Save your generation! (by your body and life) Jangan melangkah ke tempat-tempat yang tidak semestinya! Di dalam tubuhmu ada Roh Kudus loh, hargai itu! Jadi pakailah tubuhmu untuk kemuliaan Tuhan. (1 Korintus 3:16-17) Kamu dipulihkan Tuhan untuk memulihkan orang lain juga, jangan egois!

Ada “the sleeping giant” di dalam tubuhmu. Awalnya kamu ga ngerasa, tetapi setelah kamu dewasa, dia juga jadi dewasa (sebab kamu beri dia makan terus). Itulah goliat-mu. Jaga dirimu sejak dini, jangan biarkan “goliat” itu semakin besar di dalammu! Jangan mau terikat dengannya dan jangan beri dia “makan” (dengan berdosa) tetapi lawan dia dengan membaca Firman Tuhan setiap hari! Buat Roh Kudus yang ada di dalam dirimu semakin besar untuk melawan goliat itu, ikuti apa maunya Tuhan saja dalam hidupmu! Bunuh goliat itu sejak masa mudamu seperti Daud! Iblis selalu berusaha membuat kita menjauh dari Tuhan (membaca Firman Tuhan) karena iblis tahu bahwa Firman Tuhan itu berkuasa, jadi bacalah Alkitab setiap hari! Setialah dalam perkara kecil, supaya kamu dipercaya Tuhan mengatasi perkara besar. Ingat, yang bisa membebaskan kamu hanya Tuhan, kamu ga akan bisa membebaskan dirimu sendiri.

Sebelum pacaran, berdoa dulu! Kalau kehidupan love, sex and datingmu diberkati Tuhan, itu semua kamu jalani dengan kudus, hidupmu dan hidup keturunanmu akan kudus juga. Minta pimpinan Roh Kudus selalu, jangan biarkan masa depanmu kacau hanya karena “I LOVE YOU” yang murahan. Cewek/cowok baik-baik ga akan pernah meminta kamu untuk melakukan hal-hal yang tidak baik. Kata-kata “I LOVE YOU” itu sakral, ucapkan pada orang yang tepat di saat yang tepat! (Maleakhi 2:15)

Kita adalah anak panah di tangan seorang pahlawan (Tuhan). Masa depan kita sangat luar biasa sebab kita diciptakan Tuhan untuk keluar lebih dari pemenang! Wanita sebagai tiang doa dan pria sebagai imamat yang rajani.