Anda Bukan Tempat Sampah!

Yakobus 1:21 Sebab itu buanglah segala sesuatu yang kotor dan kejahatan yang begitu banyak itu dan terimalah dengan lemah lembut firman yang tertanam di dalam hatimu, yang berkuasa menyelamatkan jiwamu.

Sampah-sampah hidup apa saja yang memperbudak kita? Galatia 5:19-21 Perbuatan daging telah nyata, yaitu: percabulan, kecemaran, hawa nafsu,
penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah,
kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya. Terhadap semuanya itu kuperingatkan kamu — seperti yang telah kubuat dahulu — bahwa barangsiapa melakukan hal-hal yang demikian, ia tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.

Galatia 5:17 Sebab keinginan daging berlawanan dengan keinginan Roh dan keinginan Roh berlawanan dengan keinginan daging — karena keduanya bertentangan — sehingga kamu setiap kali tidak melakukan apa yang kamu kehendaki.

Kita harus melakukan keinginan Roh agar tidak diperbudak oleh sampah-sampah kehidupan. Lalu, bagaimana agar kita bisa membebaskan diri dari sampah-sampah hidup tsb?

  1. Lahir baru. Galatia 5:1 Supaya kita sungguh-sungguh merdeka, Kristus telah memerdekakan kita. Karena itu berdirilah teguh dan jangan mau lagi dikenakan kuk perhambaan. Bagaimanapun bersihnya sebuah tempat sampah, tetap tidak akan dipergunakan untuk menampung hal-hal yang baik selain sampah. Dengan lahir baru, kita menjadi pribadi (bukan tempat sampah) yang siap untuk menerima hal-hal yang terbaik dari Tuhan. Yohanes 3:5-7 Jawab Yesus: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan dari air dan Roh, ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah. Apa yang dilahirkan dari daging, adalah daging, dan apa yang dilahirkan dari Roh, adalah roh. Janganlah engkau heran, karena Aku berkata kepadamu: Kamu harus dilahirkan kembali. Roma 5:8 Akan tetapi Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita, oleh karena Kristus telah mati untuk kita, ketika kita masih berdosa. Kematian Kristus menyucikan kita dan kebangkitan Kristus membuat kita memiliki pengharapan yang baru! 2 Korintus 5:17 Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.
  2. Hidup dipimpin Roh Kudus. Galatia 5:16, 25 Maksudku ialah: hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging. Jikalau kita hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga dipimpin oleh Roh, Setelah kita lahir baru, kita harus menjaga Roh Kudus tetap berdiam dalam hati kita agar kita jangan kembali menjadi ‘tempat sampah’ lagi. Yohanes 14:26 tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu. Setiap hal yang kita terima ketika kita masih menjadi ‘tempat sampah’ hanya akan menjadi sampah, tetapi setiap hal yang kita terima ketika kita sudah lahir baru akan menjadi buah-buah Roh. Galatia 5:22-23 Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.
Advertisements