The Call To Influence (Panggilan Untuk Berdampak)

Panggilan Tuhan itu kudus, tidak bisa dibatalkan dan membawa kita semakin mulia jika kita meresponinya.

Matius 4:19 Yesus berkata kepada mereka: “Mari, ikutlah Aku, dan kamu akan Kujadikan penjala manusia.”

Tuhan memanggil kita, lalu mengubah kita sehingga hidup kita menjadi berkat bagi orang lain.

Matius 5:13-16 “Kamu adalah garam dunia. Jika garam itu menjadi tawar, dengan apakah ia diasinkan? Tidak ada lagi gunanya selain dibuang dan diinjak orang. Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi. Lagipula orang tidak menyalakan pelita lalu meletakkannya di bawah gantang, melainkan di atas kaki dian sehingga menerangi semua orang di dalam rumah itu. Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga.”

Garam dan terang tidak hadir untuk diri mereka sendiri, melainkan untuk kepentingan orang lain. Demikian juga kita, kehadiran kita bukan untuk kepentingan diri sendiri, melainkan untuk kepentingan orang lain.

When we choose to reapond to the call of Christ and follow Him, we are making a decision not to live for ourselves anymore!

Masalah di dunia muncul karena setiap manusia hidup dengan mementingkan diri mereka sendiri. Jadi, kita dipanggil Tuhan untuk menjadi berkat bagi dunia.

Amsal 4:18 Tetapi jalan orang benar itu seperti cahaya fajar, yang kian bertambah terang sampai rembang tengah hari.

How do we become a light that will shine brighter? Dengan berjalan di jalan orang benar.

4 things (P.A.T.H) we are called to do:

1) Pray.

Matius 9:36-38 Melihat orang banyak itu, tergeraklah hati Yesus oleh belas kasihan kepada mereka, karena mereka lelah dan terlantar seperti domba yang tidak bergembala. Maka kata-Nya kepada murid-murid-Nya: “Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit. Karena itu mintalah kepada tuan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu.” Banyak orang terhilang yang hidup tanpa tujuan di bumi ini, namun Tuhan memanggil kita sebagai mitra doa Allah.

Prayer should be our first resource, not our last resort! Mengapa doa begitu penting? Matius 16:18-19 Dan Aku pun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya. Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga.” Jadi, gereja adalah institusi yang paling besar kuasanya di bumi sebab kita memegang kunci kerajaan sorga untuk mengubah dunia.

God is only interving in human affairs through our prayers (Ps. Yonggi Cho). Daniel 9:23 Ketika engkau mulai menyampaikan permohonan keluarlah suatu firman, maka aku datang untuk memberitahukannya kepadamu, sebab engkau sangat dikasihi. Jadi camkanlah firman itu dan perhatikanlah penglihatan itu! Daniel 10:12-13 Lalu katanya kepadaku: “Janganlah takut, Daniel, sebab telah didengarkan perkataanmu sejak hari pertama engkau berniat untuk mendapat pengertian dan untuk merendahkan dirimu di hadapan Allahmu, dan aku datang oleh karena perkataanmu itu. Pemimpin kerajaan orang Persia berdiri dua puluh satu hari lamanya menentang aku;

The principle is: Heaven respons at Earth’s request! Matius 6:9-10 Karena itu berdoalah demikian: Bapa kami yang di sorga, Dikuduskanlah nama-Mu, datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga.

2) Act.

a. Acts of love and kindness. Matius 5:16 Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga.”

b. Acts of faith. Lukas 14:23 Lalu kata tuan itu kepada hambanya: Pergilah ke semua jalan dan lintasan dan paksalah orang-orang, yang ada di situ, masuk, karena rumahku harus penuh. Kita harus mengundang orang lain untuk beribadah, dengan iman lakukan sesuatu untuk kerajaan Allah!

3) Testify (boldly). Kisah Para Rasul 1:8 Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.” Kita harus bersaksi tentang Yesus dengan berani, kita harus menginjil!

4) (Give) Hope. Kolose 1:27 Kepada mereka Allah mau memberitahukan, betapa kaya dan mulianya rahasia itu di antara bangsa-bangsa lain, yaitu: Kristus ada di tengah-tengah kamu, Kristus yang adalah pengharapan akan kemuliaan! Kita harus menghadirkan harapan di mana pun berada, bukan menjadi orang yang mematikan pengharapan hidup orang. Cara paling sederhana untuk menjadi pengharapan adalah tersenyum! Job 29:24 (NLT) When they were discouraged, I smiled at them. My look of approval was precious to them.

Kita dipanggil untuk tujuan yang lebih besar dibanding hanya hidup untuk kepentingan diri sendiri!

Advertisements