Spirit of Excellence

Keluaran 35:30-31 Berkatalah Musa kepada orang Israel: “Lihatlah, TUHAN telah menunjuk Bezaleel bin Uri bin Hur, dari suku Yehuda, dan telah memenuhinya dengan Roh Allah, dengan keahlian, pengertian dan pengetahuan, dalam segala macam pekerjaan,

Roh Kudus umumnya hanya menghinggapi orang-orang tertentu di zaman Perjanjian Lama, tetapi hanya Bezaleel yang dipenuhi Roh Kudus di zaman itu karena ia harus menyelesaikan titah Tuhan.

Keluaran 36:1 Demikianlah harus bekerja Bezaleel dan Aholiab, dan setiap orang yang ahli, yang telah dikaruniai TUHAN keahlian dan pengertian, sehingga ia tahu melakukan segala macam pekerjaan untuk mendirikan tempat kudus, tepat menurut yang diperintahkan TUHAN.”

Membangun rumah Tuhan (melayani) harus tepat (tidak sembarangan/asal), harus sesuai keinginan Tuhan (bukan menurut apa yang kita anggap baik). Oleh karena itu, tidak ada alasan untuk kita tidak kepenuhan Roh Kudus di zaman Pentakosta ke-3 ini sebab hanya Roh Kuduslah yang memampukan kita melakukan titah Tuhan (kehendak Bapa) pada zaman ini.

Tema sinode GBI tahun ini adalah The Year of Excellence (Tahun Kesempurnaan). Roma 12:2 …kehendak Allah: apa yang baik (level 1), yang berkenan kepada Allah (level 2) dan yang sempurna (level 3).

Kita harus bertindak tepat seperti kehendak Tuhan (bukan hampir tepat; hampir = tidak tepat), sesuai penanggalan Ibrani: bulan ini adalah bulan Talmus (bulan dimana bangsa Israel mengambil keputusan yang salah, contoh: membuat lembu emas, masuk pembuangan Babel, dll); maka berhati-hatilah mengambil keputusan di bulan ini.

Daniel dan Yusuf adalah 2 orang yang memiliki “Roh Excellent” meskipun mereka hidup sebagai minoritas di luar Israel. Hal ini menunjukkan bahwa tekanan membuat kita lebih hati-hati dalam mengambil keputusan.

Perjumpaan pribadi dengan Tuhan di waktu-waktu saat teduh kita adalah hal yang terpenting & terutama dalam hidup kita. Kita harus mengupas firman Tuhan secara pribadi, bukan hanya mengandalkan kotbah hamba Tuhan. Kita harus meluangkan lebih banyak waktu untuk berdoa dan membaca firman.

Advertisements