Hamba Yang Dapat Dipercaya

Tahun Ayin Zayin melambangkan pedang. Pedang memiliki 2 sisi, secara profetik berbicara tentang: sisi peperangan & sisi belas kasih. Penyangga pedang adalah pujian penyembahan kita, sedangkan sarung pedangnya adalah tudung kasih karunia Tuhan (mercy seat).

Berjaga-jaga itu sifatnya aktif (menyerang), bukan pasif (sikap siaga, menunggu diserang). Kita harus aktif dalam doa-doa kita.

Apa yang sudah kita mulai dalam Roh, harus diteruskan dalam Roh juga. Jika tidak, berarti kita sedang berjalan dalam kedagingan. Ini memerlukan kesetiaan.

Para pemimpin doa harus membangkitkan pasukan doa!

1 Korintus 4:1-2  Demikianlah hendaknya orang memandang kami: sebagai hamba-hamba Kristus, yang kepadanya dipercayakan rahasia Allah. Yang akhirnya dituntut dari pelayan-pelayan yang demikian ialah, bahwa mereka ternyata dapat dipercayai

Bagaimana agar kita semakin hari semakin dapat dipercayai oleh Tuhan?

  1. Setia pada perkara kecil, di sinilah waktunya Tuhan sedang mempersiapkan kita untuk melakukan hal besar. Lukas 16:10  “Barangsiapa setia dalam perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara-perkara besar. Dan barangsiapa tidak benar dalam perkara-perkara kecil, ia tidak benar juga dalam perkara-perkara besar. Matius 25:23  Maka kata tuannya itu kepadanya: Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia, engkau telah setia memikul tanggung jawab dalam perkara yang kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu. 
  2. Bertanggung jawab. 1 Tawarikh 9:26-27  sedang keempat kepala penunggu pintu gerbang itu memegang jabatan tetap. Mereka adalah orang Lewi dan mengawasi bilik-bilik serta perbendaharaan rumah Allah. Mereka bermalam di sekitar rumah Allah itu sebab mereka bertanggung jawab atas penjagaan dan harus membuka pintu setiap pagi.
  3. Berkomitmen terhadap Tuhan. Amos 3:3  Berjalankah dua orang bersama-sama, jika mereka belum berjanji? Kita tidak bisa berjalan selaras dengan Tuhan tanpa komitmen apapun yang terjadi tetap mengikut Tuhan.
  4. Mau bayar harga untuk Tuhan. Semakin kita banyak bayar harga bagi Tuhan, maka semakin besar pula berkat yang kita dapat dari Tuhan. Amsal 28:20a  Orang yang dapat dipercaya mendapat banyak berkat.

Kita harus doakan:

  • “Nikodemus” (=para pemimpin orang Farisi yang memiliki rasa keingintahuan tentang Kristus). Kita harus terbuka tentang Kristus jika suatu saat “Nikodemus” ini mau membahasnya bersama kita dan menyambut mereka dengan baik. Suatu saat ketika terjadi penganiayaan terhadap orang Kristen, Tuhan bisa pakai mereka untuk membela kita sebab mereka “terpandang” di mata manusia. [Baca Yoh. 3:1-2, Yoh. 7:42-52, Yoh. 19:38-39]
  • Orang-orang yang mendapat “second chance” (kesempatan kedua untuk hidup kembali) dari Tuhan agar mereka bisa mengenal Kristus terlebih dahulu sebelum meninggal.
Advertisements