Hidup Adalah Kesempatan

​Kisah Para Rasul 16:10  Setelah Paulus melihat penglihatan itu, segeralah kami mencari kesempatan untuk berangkat ke Makedonia, karena dari penglihatan itu kami menarik kesimpulan, bahwa Allah telah memanggil kami untuk memberitakan Injil kepada orang-orang di sana. 

Paulus ini meskipun postur tubuhnya kecil tetapi menghasilkan buah pelayanan yang besar, rahasianya yaitu “ia mencari kesempatan”. Kita harus meneladani Paulus dalam menghargai waktu hidupnya ke depan sebagai kesempatan dari Tuhan untuk menjalani hidup dengan bijaksana. Berikut adalah makna kata “kesempatan”, yaitu:

1) Topos: ada batasnya (waktu yang terbatas). Ibrani 12:17  Sebab kamu tahu, bahwa kemudian, ketika ia hendak menerima berkat itu, ia ditolak, sebab ia tidak beroleh kesempatan untuk memperbaiki kesalahannya, sekalipun ia mencarinya dengan mencucurkan air mata. Karena itu, kita tidak boleh menunda-nunda untuk memperbaiki diri sebab mungkin saja ini kesempatan terakhir kita. 2 Korintus 5:10  Sebab kita semua harus menghadap takhta pengadilan Kristus, supaya setiap orang memperoleh apa yang patut diterimanya, sesuai dengan yang dilakukannya dalam hidupnya ini, baik ataupun jahat. 

2) Tura: pintu terbuka (pintu masuk). 1 Korintus 16:9  sebab di sini banyak kesempatan bagiku untuk mengerjakan pekerjaan yang besar dan penting, sekalipun ada banyak penentang. Paulus melihat ‘pintu terbuka’ dalam setiap tantangan hidupnya, karena itu kita jangan menyerah dalam kesulitan besar tetapi lihatlah itu sebagai peluang bagi Allah menyatakan mujizat-Nya sebab Allah kita adalah Allah yang optimis. Yesus Kristus adalah pintu terbuka di setiap penghalang hidup kita.

3) Kurios: waktu yang paling tepat/terbaik. Galatia 6:10  Karena itu, selama masih ada kesempatan bagi kita, marilah kita berbuat baik kepada semua orang, tetapi terutama kepada kawan-kawan kita seiman. Maka janganlah menunda-nunda untuk berbuat baik kepada sesama kita sejahat apapun mereka.

Advertisements