Ketenangan Yang Sejati

Dari tahun 5776 ke 5777; angka 6 (angka manusia) berubah menjadi 7 (angka Sabath). Maknanya, di tahun 5777 ini kita tak bisa lagi mengandalkan kekuatan manusia, melainkan kekuatan Allah dengan banyak berdiam diri di dalam-Nya (Sabath). Tahun 5777 

Janji berkat triple 7 di tahun 5777, yaitu:

a) Janji pemulihan kehidupan & janji pasti masuk surga

Ibrani 4:1  Sebab itu, baiklah kita waspada, supaya jangan ada seorang di antara kamu yang dianggap ketinggalan, sekalipun janji akan masuk ke dalam perhentian-Nya (rest, Yunani: katapausis) masih berlaku.
b) Janji ketenangan di tengah goncangan

Ibrani 4:9  Jadi masih tersedia suatu hari perhentian, (rest, Yunani: sabbatismos) hari ketujuh, bagi umat Allah. 
Sabbatismos yaitu istirahat yang penuh berkat dari segala kepenatan di mana hal ini dicari oleh para penyembah-penyembah yang benar.

Hal yang harus kita lakukan untuk mendapatkan ‘sabbatismos’ yaitu:

1) Memilih untuk taat meskipun tidak mengerti, bagaimanapun keadaannya. Taat adalah keputusan, bukan karena keadaan. Ibrani 4:6  Jadi sudah jelas, bahwa ada sejumlah orang akan masuk ke tempat perhentian itu, sedangkan mereka yang kepadanya lebih dahulu diberitakan kabar kesukaan itu, tidak masuk karena ketidaktaatan mereka.

2) Mendengar suara Tuhan. Ibrani 4:7  Sebab itu Ia menetapkan pula suatu hari, yaitu “hari ini”, ketika Ia setelah sekian lama berfirman dengan perantaraan Daud seperti dikatakan di atas: “Pada hari ini, jika kamu mendengar [memberi perhatian & waktu khusus] suara-Nya, janganlah keraskan hatimu!” Kita harus belajar mendengar suara Tuhan melalui pembacaan Alkitab dan berkomunikasi dengan Roh Kudus di batin kita secara intensif. Tuhan menuntun kita untuk berjalan di jalan yang tepat agar kita tidak harus melalui jalan yang ‘tidak perlu’.

3) Melembutkan hati. Ibrani 4:7 …janganlah keraskan hatimu!” Dari respon kita dalam menghadapi masalah, akan terlihat ‘kapasitas kelayakan’ kita untuk terima berkat Tuhan. Kita harus jeli melihat keadaan zaman, jangan terjebak! Jalan Tuhan pasti membawa kita kepada kehidupan, bukan berujung maut.

Advertisements