HEAVENOUS

Satu Pelayanan, Banyak Karunia

Posted on: April 25, 2016

1 Petrus 4:10  Layanilah seorang akan yang lain, sesuai dengan karunia yang telah diperoleh tiap-tiap orang sebagai pengurus yang baik dari kasih karunia Allah.

3 karunia Allah, yaitu:
1) Karunia dasar (motivational gifts) – Roma 12:6-8 (7 macam karunia (charisma/diberikan cuma-cuma) dari Bapa untuk semua orang percaya). Karunia ini digunakan secara vertikal (memuliakan Allah), horizontal (melayani sesama) dan internal (membuat kita menjadi bahagia & produktif).
2) Karunia jawatan (ministry gifts) – Efesus 4:11 (5 macam karunia (domata) dari Anak untuk orang yang masuk pelayanan). Semua jawatan tersebut ada dalam diri Yesus, yaitu rasul, nabi, penginjil, gembala dan pengajar.
3) Karunia pernyataan manifestasi Roh Kudus (manifestation gifts) – 1 Koritus 12:7-11 (9 macam karunia dari Roh Kudus untuk membangun jemaat, bersifat supranatural).

Karunia Roh Kudus memperlengkapi kita untuk berfungsi di bidang masing-masing dalam pelayanan/marketplace sebagai saksi Kristus bagi orang-orang. Orang yang dipanggil ke dalam jabatan pendoa syafaat bukan hanya membawa “beban rohani” di hadapan tahta Allah, melainkan juga mengilhami orang lain dengan karunia dan panggilan yang sama.

1 Korintus 12:4-6  Ada rupa-rupa karunia, tetapi satu Roh. Dan ada rupa-rupa pelayanan, tetapi satu Tuhan. Dan ada berbagai-bagai perbuatan ajaib, tetapi Allah adalah satu yang mengerjakan semuanya dalam semua orang.

Unity in diversity: berbeda-beda karunia mendukung kesatuan tubuh Kristus. Karunia yang dimiliki mempengaruhi gaya berdoa kita, berikut tipe-tipe pendoa syafaat sesuai karunia yang dimiliki:
1) Pendoa syafaat administratif: memiliki karunia kepemimpinan, memberi, memberi nasehat, iman dan administratif.
2) Pendoa syafaat gaya cafetaria: kehidupan doa mereka terus berubah-ubah dan bisa membedakan pimpinan Roh Kudus (fleksibel).
3) Pendoa syafaat krisis: berdoa untuk masa-masa darurat dan bisa mengenali kapan peristiwa traumatis telah terjadi, memiliki karunia nubuat, kemurahan, iman, penyembuhan, penggembalaan, pelayanan.
4) Pendoa syafaat bangsa-bangsa: berdoa bagi bangsa-bangsa di dunia dan berdoa dalam kebangunan rohani terakhir yang terbesar sebelum Kristus datang, memiliki gabungan karunia penginjilan, nubuat, iman dan kemurahan.
5) Pendoa syafaat yang dimotivasi belas kasihan: berdoa didorong oleh belas kasihan untuk situasi-situasi, memiliki karunia konseling, penyembuhan, memberi, dan menolong.
6) Pendoa syafaat doa penginjilan: berdoa untuk penginjilan, pelayanan dan bantuan kepada orang lain, berdoa bagi jiwa yang terhilang, merupakan “lutut” dalam tubuh Kristus, memiliki karunia iman, pelayanan dan penginjilan.
7) Pendoa syafaat daftar doa: memiliki karunia administratif dan guru, bersikap disiplin dan berdoa dengan setia, teratur hingga tuntas sesuai daftar doa.
8) Pendoa syafaat profetik: memiliki karunia nasehat, iman, hikmat, perkataan pengetahuan dan membedakan roh, merupakan “mata dan telinga” bagi tubuh Kristus, mendengar dari Tuhan hampir sebanyak mereka berbicara kepada Tuhan.
9) Pendoa syafaat dengan tugas khusus: bertugas khusus untuk berdoa bagi pemimpin, memiliki karunia penggembalaan, dapat merasakan pergumulan para pemimpin, perhatian khusus untuk melindungi dan memelihara tubuh Kristus.
10) Pendoa syafaat peperangan atau pejuang doa: menyadari peperangan di udara, memiliki karunia iman, perkataan pengetahuan, membedakan roh dan nubuat, merupakan mata bagi tubuh Kristus.

Note: Masing-masing orang menempati posisinya tersendiri dalam tubuh Kristus dan tidak bisa “menempati” posisi orang lain (memaksakan diri). Setiap orang memiliki gabungan karunia yang berbeda-beda untuk saling mendukung dalam kesatuan tubuh Kristus.

Category

%d bloggers like this: