HEAVENOUS

Dipenuhi Roh Kudus (Buah Roh)

Posted on: December 5, 2014

Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.” (Galatia 5:22-23)

Salam sejahtera di dalam Tuhan Yesus Kristus.

Hal berikutnya yang harus diperhatikan ketika kita sudah dipenuhi oleh Roh Kudus adalah kita harus menghasilkan buah Roh dalam hidup ini. Buah Roh adalah karakter Kristus, ketika kita menghasilkan buah Roh kita sedang menunjukan Kristus kepada orang lain. Tuhan menginginkan kita menjadi seperti Kristus dengan karakter Kristus menjadi karakter kita. Adalah pekerjaan Roh Kudus untuk menyesuaikan kita dengan gambar Kristus, membuat kita menjadi lebih serupa dengan Dia. Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara.” (Roma 8:29)

Buah Roh (karakter Kristus) adalah:

  • KASIH (Agape); Kasih adalah sebuah ‘keputusan/komitmen’ seseorang yang mengalir dari dalam roh melalui jiwa yang didalamnya ada emosi/perasaan ketika mulai mengenal kasih Kristus yang sempurna (agape) sampai terwujud melalui perbuatan nyata secara lahiriah. Sifat kasih adalah selalu memperhatikan dan mencari yang terbaik bagi orang lain tanpa alasan pamrih. Bahkan 1 Yohanes 4:8 mengatakan “…sebab Allah adalah kasih.” Kasih adalah sifat utama dari Allah yang juga ditunjukan dalam perbuatan nyata ketika Dia mengorbankan Anak-Nya yang tunggal untuk keselamatan umat manusia (Yohanes 3:16).
  • SUKACITA (Chara); Sukacita adalah keadaan bahagia yang diperoleh melalui persekutuan dan keintiman dengan Tuhan, perasaan senang karena kasih dan janji Tuhan. Mazmur 16:11 berkata Engkau memberitahukan kepadaku jalan kehidupan; di hadapan-Mu ada sukacita berlimpah-limpah, di tangan kanan-Mu ada nikmat senantiasa.” Sumber sukacita adalah Allah sendiri dan ada sukacita penuh dalam hadirat Allah. Tidak dipengaruhi oleh keadaan ataupun lingkungan. Bahkan dalam penderitaan dan kekurangan pun sukacita sejati dari Tuhan tetap melimpah dalam hati ktia seperti yang dialami oleh jemaat Makedonia. 2 Korintus 8:2 berkata Selagi dicobai dengan berat dalam pelbagai penderitaan, sukacita mereka meluap dan meskipun mereka sangat miskin, namun mereka kaya dalam kemurahan.”
  • DAMAI SEJAHTERA (Shallom/Eirene); Damai sejahtera mengandung arti istirahat, ketentraman, rasa aman, kesempurnaan. Artinya berada dalam keharmonisan dan persatuan dengan Tuhan, diri sendiri dan sesama. Ketika kita semakin percaya dan semakin teguh di dalam Kristus maka damai sejahtera akan berlimpah dalam hidup kita. Yesaya 26:3 berkata Yang hatinya teguh Kaujagai dengan damai sejahtera, sebab kepada-Mulah ia percaya.”
  • KESABARAN (Makrothumia); Dalam Bahasa Inggris dipakai kata ‘long suffering’ yang artinya panjang sabar dalam penderitaan untuk waktu yang cukup lama. Kesabaran meliputi ketabahan, tidak mudah marah atau putus asa.
  • KEMURAHAN (Chrestotes); Kemurahan adalah sikap dan perbuatan yang baik dalam hidup kita yang dihasilkan oleh Roh Kudus, membuat orang lain merasa nyaman ketika berhadapan dengan kita. Kemurahan membuat kita tidak mau menyakiti orang lain atau menyebabkan orang lain menderita.
  • KEBAIKAN (Pistis); Dalam bahasa aslinya kesetiaan memakai kata ‘pistis’ yang juga bermakna iman. Kesetiaan tidak bisa lepas dari iman. Kesetiaan merupakan hasil dari iman, iman timbul karena Firman Kristus. Kesetiaan mengandung unsur iman yang hidup. Kesetiaan adalah komitmen yang teguh terhadap janji. Kesetiaan menunjukan pribadi yang layak dipercayai dan penuh kejujuran.
  • KELEMAHLEMBUTAN (Prautes); Kelemahlembutan adalah kekuatan yang terkendali dengan baik. Menggambarkan seseorang yang berani mengambil tindakan tegas pada saat yang diperlukan tetapi juga bisa tunduk dengan rendah hati apabila diperlukan.
  • PENGUASAAN DIRI (Egkrateia); Arti penguasaan diri adalah penguasaan pikiran dan sikap hati yang ditunjukan dalam tingkah laku dan perbuatan. Bisa menguasai keinginan dan nafsu diri sendiri dan memelihara kesucian yang Tuhan sudah berikan dalam hidup kita.

Saya berdoa, supaya jemaat di GBI Sukawarna Bandung adalah jemaat yang hidupnya selalu menghasilkan buah dan menjadi berkat bagi banyak orang serta memuliakan Tuhan kita, Tuhan Yesus Kristus. Amin.

Category

%d bloggers like this: