HEAVENOUS

Bertahan Melalui Keadilan

Posted on: September 2, 2014

“Jadi berdirilah tegap, berikatpinggangkan kebenaran dan berbajuzirahkan keadilan” (Efesus 6:14)

Baju zirah adalah sebuah perlengkapan perang yang dikenakann untuk bertahan dari serangan yang dapat melukai, mencederai, atau bahkan membunuh si pemakainya. Salah satu perlengkapan senjata rohani dari Tuhan adalah “baju zirah keadilan”. Artinya, keadilan adalah hal yang harus kita kenakan dalam peperangan kehidupan yang kita jalani. Keadilan adalah salah satu kebenaran firman Tuhan yang penting buat kita pahami dan lakukan. Kebenaran firman Tuhan ini akan menghidupkan, menumbuhkan, dan menguatkan iman kita, sehingga kita bisa terlindungi dari tipu daya iblis. Hari ini kita akan minta hikmat dari Tuhan supaya kita bisa berlaku adil, tidak memihak, jujur dan tidak membedakan sesama.

Manifestasi keadilan:

  • Carilah keadilan. “Carilah TUHAN, hai semua orang yang rendah hati di negeri, yang melakukan hukum-Nya; carilah keadilan, carilah kerendahan hati; mungkin kamu akan terlindung pada hari kemurkaan TUHAN.” (Zefanya 2:3) Carilah wajah Tuhan setiap hari. Arahkan hati kita pada-Nya setiap waktu, maka hikmat yang luar biasa dari Tuhan Yang Maha Adil akan dicurahkan atas kita. Jadilah orang yang rendah hati, sehingga kita bisa belajar dari kehidupan ini, dan mulai menggali berbagai pengalaman untuk menerapkan keadilan di manapun kita beraktivitas.
  • Lakukan keadilan. “Ia mengenakan keadilan sebagai baju zirah dan ketopong keselamatan ada di kepala-Nya;” (Yesaya 59:17a) Jangan berpihak pada manusia, tetapi kepada Allah, sehingga kita bisa jujur dengan hati nurani kita adalam memutuskan suatu kebenaran. Jadikan keadilan sebagai watak kita, seperti halnya karakter Tuhan Yesus.
  • Perilaku keadilan. “Hai manusia, telah diberitahukan kepadamu apa yang baik. Dan apakah yang dituntut TUHAN dari padamu: selain berlaku adil, mencintai kesetiaan, dan hidup dengan rendah hati di hadapan Allahmu?” (Mikha 6:8) Tuhan minta kita untuk mengasihi Dia dan mengasihi sesama. Mengasihi sesama dapat ditunjukkan dengan cara peduli atas mereka. Namun demikian, kepedulian pun harus didasari oleh keadilan yang tidak membedakan status sesama kita. Wujudkan kasih yang berkeadilan secara berkesinambungan.

Sudahkan saudara menerapkan keadilan dalam kehidupan sehari-hari kepada keluarga atau lingkungan terdekat, kepada relasi kerja, kepada rekan pelayanan, dsb? Adakah tantangan/kesulitan dalam bertindak adil?

Kehidupan ini adalah juga peperangan yang harus kita hadapi. Kenakan terus baju zirah keadilan, supaya kita bisa bertahan dan memenangkan pertempuran. Terapkan kebenaran firman Tuhan sepanjang kehidupan kita, maka kita akan terus terlindungi oleh kuasa-Nya. Perilaku adil pasti menghasilkan kehidupan yang damai.

Category

%d bloggers like this: