HEAVENOUS

Berjaga-jaga

Posted on: April 22, 2014

“Lihatlah, Aku datang seperti pencuri. Berbahagialah dia, yang berjaga-jaga dan yang memperhatikan pakaiannya, supaya ia jangan berjalan dengan telanjang dan jangan kelihatan kemaluannya.” (Wahyu 16:15)

Apa yang harus kita jaga sebagai bentuk pengendalian diri kita?

  1. Hati. Amsal 4:23 berkata “Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.” Kita harus menjaga hati kita sesuai Mazmur 119:10-11, “Dengan segenap hatiku aku mencari Engkau, janganlah biarkan aku menyimpang dari perintah-perintah-Mu. Dalam hatiku aku menyimpan janji-Mu, supaya aku jangan berdosa terhadap Engkau.”
  2. Pikiran. Matius 15:19 berkata “Karena dari hati timbul segala pikiran jahat, pembunuhan, perzinahan, percabulan, pencurian, sumpah palsu dan hujat.” Maka kita harus mensinergikan pikiran kita dengan pikiran Kristus seperti tertulis dalam Filipi 2:5, yaitu: “Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus”
  3. Lidah. 1 Petrus 3:10 berkata “Siapa yang mau mencintai hidup dan mau melihat hari-hari baik, ia harus menjaga lidahnya terhadap yang jahat dan bibirnya terhadap ucapan-ucapan yang menipu.” Jagalah lidah kita dengan bijak dalam berkata-kata. “Di dalam banyak bicara pasti ada pelanggaran, tetapi siapa yang menahan bibirnya, berakal budi.” (Amsal 10:19)
  4. Pergaulan. 1 Korintus 15:33 berkata “Janganlah kamu sesat: Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik.” You are what you friend and it determines your ‘value’. Gunakan ‘kebebasan’ yang kita peroleh dalam Kristus untuk melakukan sesuatu yang baik bagi diri sendiri maupun orang lain. “Tetapi jagalah, supaya kebebasanmu ini jangan menjadi batu sandungan bagi mereka yang lemah.” (1 Korintus 8:9)

Category

%d bloggers like this: