HEAVENOUS

“FOREVER YOUNG”

Posted on: November 30, 2013

Dari pada menanyakan berapa umur seseorang lebih baik kita menanyakan apa yang telah ia raih selama hidupnya karena hal tersebut lebih menyemangati seseorang. Begitu juga dengan ‘forever young’, tema ini lebih mengarah kepada semangat hidup seperti semangat anak muda yang penuh cita-cita, memiliki semangat belajar dan pembaharuan.

Dia yang memuaskan hasratmu dengan kebaikan, sehingga masa mudamu menjadi baru seperti pada burung rajawali.” (Mazmur 103:5 –TB) Tuhan ingin kita menjadi ‘forever young’. Kata ‘menjadi baru’ dalam ayat tersebut berarti Tuhan menghendaki agar masa muda kita tidak hilang.

“Dia yang memuaskan hidupmu dengan yang baik, sehingga engkau awet muda seperti burung rajawali.” (Mazmur 103:5 –BIS)

“He wraps you in goodness—beauty eternal. He renews your youth—you’re always young in his presence.” (Psalms 103:5 –MSG) Hadirat Tuhan akan membuat hati dan spirit kita tetap awet muda.

Kendalikanlah perasaan kita! Janganlah merasa tua! Let your age go old, but not your heart.

 “Jadi sekarang, sesungguhnya TUHAN telah memelihara hidupku, seperti yang dijanjikan-Nya. Kini sudah empat puluh lima tahun lamanya, sejak diucapkan TUHAN firman itu kepada Musa, dan selama itu orang Israel mengembara di padang gurun. Jadi sekarang, telah berumur delapan puluh lima tahun aku hari ini; pada waktu ini aku masih sama kuat seperti pada waktu aku disuruh Musa; seperti kekuatanku pada waktu itu demikianlah kekuatanku sekarang untuk berperang dan untuk keluar masuk.” (Yosua 14:10-11)

We don’t stop playing because we grow old; we grow old because we stop playing. Usia seharusnya bukanlah sesuatu yang menjadi penghalang untuk kita tetap berkarya, bergaya dan Berjaya. Semakin tua bukan berarti semakin tidak berkualitas dan tergeser, tetapi hendaklah kita semakin berkualitas dan menjadi lebih dari pemenang! Orang yang kesukaannya berada di hadirat Tuhan tidak pernah merasa dirinya tidak berguna lagi karena hadirat Tuhan akan selalu memperbaharui spiritnya. Selain itu, hadirat Tuhan membawa ketenangan sehingga kita selalu awet muda.

Menurut Gerontologia, ada 3 macam umur manusia, yaitu:

  1. Umur kronologis: umur yang dihitung dari jumlah tahun yang telah dilewati seseorang secara alamiah (tidak bisa diubah).
  2. Umur biologis: umur yang ditentukan oleh kondisi tubuh dan kualitas kesehatan seseorang (keadaan organ tubuh bagian dalam bisa direkayasa).
  3. Umur psikologis: umur yang ditentukan dari cara berpikir dan life style seseorang (mempengaruhi keadaan orang tubuh bagian luar terutama wajah & bisa direkayasa).

Umur kronologis tidak dapat diubah tetapi umur biologis dan umur psikologis, itulah yang dapat ‘direkayasa’ dan membuat kita menjadi ‘forever young’ dengan menjaga kesehatan, pola hidup yang teratur dan mengelola stress dengan baik. Orang sehat berpeluang lebih besar untuk hidup berkualitas dan menjadi ‘forever young’.

Orang benar akan bertunas seperti pohon korma, akan tumbuh subur seperti pohon aras di Libanon; mereka yang ditanam di bait TUHAN akan bertunas di pelataran Allah kita. [syarat menjadi ‘forever young’] Pada masa tua pun mereka masih berbuah, menjadi gemuk dan segar [ -MSG]” (Mazmur 92:13-15)

Hendaklah pertambahan usia dilihat sebagai pertambahan berkat, bukannya sebagai penurunan kualitas diri. Pilihlah untuk tetap mengatakan hal yang positif pada diri kita sendiri meskipun kenyataannya tubuh jasmani kita tidak mendukung untuk ‘forever young’.

Sebab itu kami tidak tawar hati, tetapi meskipun manusia lahiriah kami semakin merosot, namun manusia batiniah kami dibaharui dari sehari ke sehari.” (2 Korintus 4:16)

Musa berumur seratus dua puluh tahun, ketika ia mati; matanya belum kabur dan kekuatannya belum hilang. (Ulangan 34:7)

Adapun Abraham telah tua dan lanjut umurnya, serta diberkati TUHAN dalam segala hal.” (Kejadian 24:1)

Usia tidak menghalangi berkat Tuhan kecuali kita sendiri yang membatasinya. Seharusnya, semakin tua semakin diberkati! Jadi, berapapun usia kita dan bagaimanapun kendalanya, jika kita bangkit dan tetap semangat…pasti bisa! Jangan pernah berkata ‘tidak bisa’ karena kesempatan selalu sama bagi setiap orang selama hidupnya. Tetaplah semangat meraih mimpi dan harapkan yang besar!

Category

%d bloggers like this: