HEAVENOUS

Mendengar Suara Tuhan

Posted on: November 17, 2013

Shalom!

Di zaman akhir dimana keadaan semakin jahat, kita sangat memerlukan tuntunan Tuhan. Mengapa kita perlu mendengar suara Tuhan?

  1. Untuk diri sendiri. Kita perlu mendengar suara Tuhan agar kita tidak salah melangkah dan menikmati masa depan yang indah.
  2. Untuk orang lain. Seringkali banyak orang di sekitar kita memiliki pergumulan, karenanya kita harus memiliki belas kasihan untuk mendoakan mereka.
  3. Untuk visi kita. Visi adalah rencana Tuhan yang dipercayakan kepada kita, karenanya kita sangat memerlukan tuntunan Tuhan untuk mewujudkan visi tersebut.

Bagaimana kita bisa mendengar suara Tuhan? Mazmur 5:4 berkata “TUHAN, pada waktu pagi Engkau mendengar seruanku, pada waktu pagi aku mengatur persembahan bagi-Mu, dan aku menunggu-nunggu.”

a)      Pada waktu pagi Daud mengatur persembahan bagi Tuhan. Daud seorang penyembah Tuhan, setiap hari ia membangun keintiman dengan Tuhan sehingga Tuhan berkenan akan hidupnya. “TUHAN menetapkan langkah-langkah orang yang hidupnya berkenan kepada-Nya; apabila ia jatuh, tidaklah sampai tergeletak, sebab TUHAN menopang tangannya.” (Mazmur 37:23-24) Suara Tuhan dapat didengar melalui audible voice, suara hati, hikmat, maupun Firman Tuhan. Pengkhotbah 2:26 berkata “Karena kepada orang yang dikenan-Nya Ia mengaruniakan hikmat, pengetahuan dan kesukaan, tetapi orang berdosa ditugaskan-Nya untuk menghimpun dan menimbun sesuatu yang kemudian harus diberikannya kepada orang yang dikenan Allah. …” Kadangkala Tuhan seakan tidak menepati janji-Nya, namun tetaplah percaya bahwa janji-Nya pasti digenapi. Bagian kita adalah peka mendengar suara-Nya dan taat menjalankan sesuai kehendak-Nya.

Daud menunggu-nunggu Tuhan setiap pagi. Kita harus sabar menantikan Tuhan, tak jemu-jemu berdoa hingga Ia menjawab seruan kita. Di saat-saat kritis memang pikiran kita menjadi kacau dan sangat sulit untuk bersabar mendengar tuntunan Tuhan, namun carilah dulu wajah-Nya sebelum kita mengambil keputusan di saat genting. Percayalah, tidak ada yang mustahil bagi Tuhan, Ia terlalu sanggup untuk menolong dan menyatakan mujizat-Nya dalam hidup kita.

Category

%d bloggers like this: