HEAVENOUS

Berkat Surgawi

Posted on: November 17, 2013

Shalom!

Berdasarkan Ulangan 28:1-14, kita akan menemukan 3 jenis berkat yang disediakan Tuhan bagi kita, yaitu:

  1. Berkat bakul. “Diberkatilah bakulmu dan tempat adonanmu.” (Ulangan 28:5).
  2. Berkat lumbung. “TUHAN akan memerintahkan berkat ke atasmu di dalam lumbungmu dan di dalam segala usahamu; Ia akan memberkati engkau di negeri yang diberikan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu.” (Ulangan 28:8)
  3. Berkat bangsa. “TUHAN akan membuka bagimu perbendaharaan-Nya yang melimpah, yakni langit, untuk memberi hujan bagi tanahmu pada masanya dan memberkati segala pekerjaanmu, sehingga engkau memberi pinjaman kepada banyak bangsa, tetapi engkau sendiri tidak meminta pinjaman.” (Ulangan 28:12). Ini adalah berkat yang berasal dari surga bukan dunia. Efesus 1:3 berkata “Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus yang dalam Kristus telah mengaruniakan kepada kita segala berkat rohani di dalam sorga.” Surga selalu memiliki berkat terbaik bagi kita, tidak ada sedikitpun hal yang tidak baik yang datang dari Allah. “Setiap pemberian yang baik dan setiap anugerah yang sempurna, datangnya dari atas, diturunkan dari Bapa segala terang; pada-Nya tidak ada perubahan atau bayangan karena pertukaran.” (Yakobus 1:17) Hari-hari ini kita sangat membutuhkan berkat bangsa ini (berkat surgawi), bukan hanya sekedar berkat bakul dan berkat lumbung yang hanya ‘memuaskan’ jasmani kita.

Bagaimana caranya membuka perbendaharaan Tuhan di surga tersebut?

a)      Mengembalikan persembahan persepuluhan dan persembahan khusus sebagai keputusan untuk berjalan bersama Tuhan dan mendekat kepada-Nya karena mengasihi-Nya, bukan karena ‘menyuap’ Tuhan. “Sejak zaman nenek moyangmu kamu telah menyimpang dari ketetapan-Ku dan tidak memeliharanya. Kembalilah kepada-Ku, maka Aku akan kembali kepadamu, firman TUHAN semesta alam. Tetapi kamu berkata: “Dengan cara bagaimanakah kami harus kembali?” Bolehkah manusia menipu Allah? Namun kamu menipu Aku. Tetapi kamu berkata: “Dengan cara bagaimanakah kami menipu Engkau?” Mengenai persembahan persepuluhan dan persembahan khusus! Kamu telah kena kutuk, tetapi kamu masih menipu Aku, ya kamu seluruh bangsa! Bawalah seluruh persembahan persepuluhan itu ke dalam rumah perbendaharaan, supaya ada persediaan makanan di rumah-Ku dan ujilah Aku, firman TUHAN semesta alam, apakah Aku tidak membukakan bagimu tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat kepadamu sampai berkelimpahan.” (Maleakhi 3:7-10)

b)      Hujan akan turun jika kita datang sujud menyembah kepada Tuhan. “Maka semua orang yang tinggal dari segala bangsa yang telah menyerang Yerusalem, akan datang tahun demi tahun untuk sujud menyembah kepada Raja, TUHAN semesta alam, dan untuk merayakan hari raya Pondok Daun. Tetapi bila mereka dari kaum-kaum di bumi tidak datang ke Yerusalem untuk sujud menyembah kepada Raja, TUHAN semesta alam, maka kepada mereka tidak akan turun hujan.” (Zakharia 14:16-17)

Menghormati orang tua kita. “Hai anak-anak, taatilah orang tuamu di dalam Tuhan, karena haruslah demikian. Hormatilah ayahmu dan ibumu–ini adalah suatu perintah yang penting, seperti yang nyata dari janji ini: supaya kamu berbahagia dan panjang umurmu di bumi.” (Efesus 6:1-3) Maka genaplah janji Tuhan dalam Kejadian 27:28-29, yaitu “Allah akan memberikan kepadamu embun yang dari langit dan tanah-tanah gemuk di bumi dan gandum serta anggur berlimpah-limpah. Bangsa-bangsa akan takluk kepadamu, dan suku-suku bangsa akan sujud kepadamu; jadilah tuan atas saudara-saudaramu, dan anak-anak ibumu akan sujud kepadamu. Siapa yang mengutuk engkau, terkutuklah ia, dan siapa yang memberkati engkau, diberkatilah ia.””

Category

%d bloggers like this: