HEAVENOUS

NEEDS

Posted on: October 8, 2013

“Dan semua orang yang telah menjadi percaya tetap bersatu, dan segala kepunyaan mereka adalah kepunyaan bersama, dan selalu ada dari mereka yang menjual harta miliknya, lalu membagi-bagikannya kepada semua orang sesuai dengan keperluan masing-masing.” (Kisah Rasul 2:44-45)

Jadi, gereja ada bukan hanya untuk melakukan ibadah dalam lingkupnya sendiri saja tetapi gereja dipanggil keluar untuk menjadi berkat dengan saling memenuhi kebutuhan manusia. DR. Abraham Maslow menyebutkan bahwa kebutuhan manusia yang paling mendasar adalah sandang, pangan dan papan. Jika kebutuhan dasar tersebut tidak terpenuhi, maka kebutuhan-kebutuhan yang lain seperti keamanan, kasih sayang, serta penghargaan dan pengakuan diri manusia pun tidak akan terpenuhi.

Lalu, bagaimana cara kita memenuhi kebutuhan orang lain?

  1. Melalui perbuatan baik. Galatia 6:9 berkata “Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah.” Berbuat baik itu murah dan mudah, percayalah jika kita menabur banyak maka kelak kita pun akan menuai banyak. “Dan janganlah kamu lupa berbuat baik dan memberi bantuan, sebab korban-korban yang demikianlah yang berkenan kepada Allah.” (Ibrani 13:16)
  2. Dengan memperhatikan ‘orang-orang hina’, yaitu mereka yang tidak dianggap oleh dunia, tidak diperhatikan, miskin, sengsara, lemah dan tidak berdaya. Kepedulian terhadap orang-orang yang tidak dipedulikan ini berhubungan dengan penghakiman terakhir kelak dimana Tuhan akan memisahkan ‘kambing’ dan ‘domba’. Ketika kita memberi makan mereka yang lapar, memberi minum yang haus,  memberi tumpangan kepada orang asing, memberi pakaian kepada yang tidak berpakaian, serta mengunjungi mereka yang sakit dan terpenjara sebenarnya kita sedang melakukannya untuk Tuhan sehingga kita termasuk kawanan ‘domba-Nya’ yang akan menerima warisan Kerajaan Surga (Matius 25:31-46) sebab “siapa menaruh belas kasihan kepada orang yang lemah, memiutangi TUHAN, yang akan membalas perbuatannya itu.” (Amsal 19:17)

Fulfill people’s needs means give solution to their life’s problems. We should have ‘sense of care’ first!

Category

%d bloggers like this: