HEAVENOUS

Mengasihi Sesama

Posted on: July 1, 2013

“…Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. …” (Matius 22:36-40) Ayat tersebut menunjukan bahwa mengasihi sesama adalah sama pentingnya dengan mengasihi Tuhan. Tanpa kasih, sia-sialah semua hal yang kita kerjakan dalam hidup ini.

“Dialah yang kami beritakan, …  untuk memimpin tiap-tiap orang kepada kesempurnaan dalam Kristus. …” (Kolose 1:28-29) Tuhan adalah pribadi yang utama dan terutama untuk kita sembah, sedangkan fokus pelayanan kita adalah manusia, yaitu agar banyak jiwa dimenangkan bagi Tuhan. Kegagalan manusia terjadi ketika seseorang tidak tertarik untuk bersosialisasi dengan orang lain karena hidup kita akan menjadi berarti ketika kita menjadikan hidup orang lain berarti.

Amsal 19:17 berkata “Siapa menaruh belas kasihan kepada orang yang lemah, memiutangi TUHAN, yang akan membalas perbuatannya itu.” Dalam terjemahan lain, kalimat ‘menaruh belas kasihan’ diartikan sebagai ‘menaruh keberartian’ atau to put something special into one’s life. Lalu, apa yang harus kita lakukan untuk mengasihi sesama?

  1. Menyangkal diri/keegoisan diri sendiri dan memilih untuk berkorban bagi sesama (Matius 16:24). “Ketahuilah bahwa pada hari-hari terakhir akan datang masa yang sukar. Manusia akan mencintai dirinya sendiri dan … lebih menuruti hawa nafsu dari pada menuruti Allah.” (2 Timotius 3:1-4) Friends, life is about caring people. Jadilah orang yang berkenan kepada Allah karena melakukan kehendak Allah pada zaman ini.
  2. Memiliki ‘value’ (nilai diri yang berharga). Jadikan dirimu seberharga mungkin agar orang lain dapat melihat ‘nilai diri Yesus’ dalam dirimu karena manusia melihat apa yang di depan mata, meskipun TUHAN melihat hati (1 Samuel 16:7). “Jangan seorang pun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu.” (1 Timotius 4:12)

“Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga.” (Matius 5:16)

Category

%d bloggers like this: