HEAVENOUS

Kualitas Pasukan Yosua

Posted on: June 2, 2013

“Seorangpun tidak akan dapat bertahan menghadapi engkau seumur hidupmu; seperti Aku menyertai Musa, demikianlah Aku akan menyertai; Aku tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau.” (Yosua 1:5)

Kriteria yang dimiliki oleh Yosua yang menjadikannya dipercayai oleh Tuhan untuk menggantikan Musa, yaitu:

  1. Hidup dalam ketaatan. “Yosua melakukan seperti yang dikatakan Musa kepadanya dan berperang melawan orang Amalek…” (Keluaran 17:10)
  2. Tidak terlibat dengan dosa dalam generasinya. Keluaran 32:17-18 menggambarkan bahwa Yosua tidak terbiasa dengan nyanyian penyembahan berhala yang mana kala itu menjadi ‘trend’/kebiasaan orang sezamannya.
  3. Kesukaannya hadirat Tuhan. “Dan Tuhan berbicara kepada Musa dengan berhadapan muka seperti seorang berbicara kepada temannya; kemudian kembalilah ia ke perkemahan. Tetapi abdinya, Yosua bin Nun, seorang yang masih muda, tidaklah meninggalkan kemah itu.” (Keluaran 33:11)
  4. Miliki iman yang teguh. Sekalipun menghadapi musuh yang besar dan kuat tetapi Yosua tetap memiliki iman yang berlandaskan akan kesanggupan Allah yang mampu menggenapi apa yang difirmankan-Nya. Bagian kita hanya percaya dan bergerak hingga janji Allah digenapi (Bilangan 13:27-32).
  5. Penuh dengan Roh Kudus. “Lalu TUHAN berfirman kepada Musa: “Ambillah Yosua bin Nun, seorang yang penuh Roh, letakkan tanganmu atasnya.” (Bilangan 27:18)

Category

%d bloggers like this: