HEAVENOUS

Fear Of God

Posted on: June 2, 2013

TUHAN bergaul karib dengan orang yang takut akan Dia, dan perjanjian-Nya diberitahukan-Nya kepada mereka. (Mazmur 25:14)

Dalam terjemahan lain, kata ‘takut’ ditulis dengan kata ‘fear’ (revere and worship). Hal ini menggambarkan suatu keseganan yang berhubungan dengan sikap mengagungkan Tuhan, yang menghormati, hikmat, khusyuk dan ditunjukan melalui sikap gerak badan. Takut akan Tuhan yang berkenan kepada-Nya bukanlah ketakutan karena takut dihukum melainkan didasarkan oleh sebuah hubungan dengan Tuhan dimana kita takut untuk melukai hati-Nya sehingga memutuskan untuk menghormati-Nya dengan seluruh keberadaan hidup kita. Tuhan menghendaki agar kita memiliki roh yang takut akan Tuhan dari hati dan terpancar melalui sikap hidup kita.

Terlalu biasa dengan hadirat Tuhan sehingga menganggap ibadah/pelayanan sebagai suatu kebiasaan yang tidak memerlukan rasa ‘excited’  serta sombong akan kelebihan kita sehingga merasa bisa hidup sendiri tanpa Tuhan menyebabkan terkikisnya roh takut akan Tuhan dalam diri kita.

Lalu, yang harus kita lakukan sekarang untuk membangun roh takut akan Tuhan dalam diri kita adalah:

1)      Menghormati ibadah. “Jadi, karena kita menerima kerajaan yang tidak tergoncangkan, marilah kita mengucap syukur dan beribadah kepada Allah menurut cara yang berkenan kepada-Nya, dengan hormat dan takut.” (Ibrani 12:28)

2)      Menghormati Firman Tuhan. “Beginilah firman TUHAN: Taatilah hukum dan tegakkanlah keadilan, sebab sebentar lagi akan datang keselamatan yang dari pada-Ku, dan keadilan-Ku akan dinyatakan.” (Yesaya 56:1)

3)      Membenci dosa. “Takut akan TUHAN ialah membenci kejahatan; aku benci kepada kesombongan, kecongkakan, tingkah laku yang jahat, dan mulut penuh tipu muslihat.” (Amsal 8:13)

Category

%d bloggers like this: