HEAVENOUS

Menjadi Seperti Kristus

Posted on: March 19, 2013

Shalom!

Bapa di Surga menghendaki agar kita sebagai anak-anak-Nya “mirip” seperti Dia. Roma 8:29-30 berkata “Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara. Dan mereka yang ditentukan-Nya dari semula, mereka itu juga dipanggil-Nya. Dan mereka yang dipanggil-Nya, mereka itu juga dibenarkan-Nya. Dan mereka yang dibenarkan-Nya, mereka itu juga dimuliakan-Nya.” Ayat tersebut menyatakan tujuan Tuhan menciptakan kita di bumi ini, yaitu menjadi serupa dengan Kristus.

Kejadian 1:26-27 berkata “Berfirmanlah Allah: “Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.” Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.” Diciptakan menurut gambar dan rupa Allah berarti kita:

  1. Memiliki kesamaan dengan Allah dalam karakter (pikiran, perasaan) dan sifat-sifat-Nya (kudus, adil, benar). Sesungguhnya gambar dan rupa Allah telah ada dalam diri kita secara natural, namun karena manusia telah berdosa maka gambar dan rupa Allah itu harus dipulihkan melalui pengorbanan Tuhan Yesus Kristus.
  2. Diberikan kemampuan yang sama untuk berkuasa atas alam ini. “Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: “Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi.” Berfirmanlah Allah: “Lihatlah, Aku memberikan kepadamu segala tumbuh-tumbuhan yang berbiji di seluruh bumi dan segala pohon-pohonan yang buahnya berbiji; itulah akan menjadi makananmu.” (Kejadian 1:28-29)
  3. Kita berharga dan istimewa di mata Tuhan. Allah memberikan kepada kita kemampuan untuk mencipta, kita memiliki kemampuan khusus yang spesial.

1 Yohanes 2:6 berkata “Barangsiapa mengatakan, bahwa ia ada di dalam Dia, ia wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup.”

Ciri orang yang telah serupa dengan Kristus yaitu bahwa ia menjadi ciptaan yang baru dalam Tuhan. Kolose 3:8-10 berkata “Tetapi sekarang, buanglah semuanya ini, yaitu marah, geram, kejahatan, fitnah dan kata-kata kotor yang keluar dari mulutmu. Jangan lagi kamu saling mendustai, karena kamu telah menanggalkan manusia lama serta kelakuannya dan telah mengenakan manusia baru yang terus-menerus diperbaharui untuk memperoleh pengetahuan yang benar menurut gambar Khaliknya” Menjadi seperti Kristus memerlukan proses yang terus menerus dilakukan dengan disiplin hingga kita benar-benar memiliki karakter Kristus.

 “Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus” (Filipi 2:5)

Category

%d bloggers like this: