HEAVENOUS

Membangun Masa Depan

Posted on: February 19, 2013

 “Karena masa depan sungguh ada, dan harapanmu tidak akan hilang. (Amsal 23:18)

Meskipun Tuhan menjanjikan masa depan yang indah bagi kita, namun masa depan yang luar biasa tidak akan datang dengan sendirinya jika kita bersikap ‘menerima apa adanya’. Karenanya, kita harus membangun/mempersiapkan masa depan kita sejak muda. Belum terlambat untuk membangun masa depan yang cerah! Jadi, apa yang harus kita bangun sebagai generasi muda agar masa depan kita luar biasa?

  1. Bangun fondasi Ilahi karena tidak ada tempat berpijak yang tak tergoncangkan selain Kristus. yang dibangun di atas dasar para rasul dan para nabi, dengan Kristus Yesus sebagai batu penjuru.” (Efesus 2:20, bd. Kisah Rasul 4:11) Fondasi yang kita bangun menentukan ‘kelayakan bangunan’ yang akan dibangun diatasnya. Terlebih dulu kita harus merelakan diri agar Tuhan menghancurkan segala ‘kebanggaan’ kita, agar fondasi Ilahi dapat dibangun dalam diri kita, yaitu dengan memprioritaskan Tuhan Yesus di atas segalanya (Matius 6:33).
  2. Bangun karakter Kristus, yaitu karakter seorang hamba (tekun, setia, sabar, mau bekerja sama, jujur dan beretika). Maka kata tuannya itu kepadanya: Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia; engkau telah setia dalam perkara kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu.” (Matius 25:21). Setia berarti mengerjakan hal yang sederhana dengan usaha yang terbaik (penuh pengabdian). Orang yang mendapat berkat terbaik adalah orang yang mendapat perkenanan Tuhan. Perkenanan Tuhan datang karena karakter Ilahi dalam diri kita, itulah yang membuat hati Tuhan tersentuh.
  3. Bangun keahlian dan hubungan baik dengan siapa saja. Sometimes, future depends on smile. Menghormati seseorang berarti menganggap seseorang itu bernilai. Tuhan menjanjikan kita untuk menjadi kepala dan bukan ekor berarti kita harus mempersiapkan diri untuk menjadi orang yang diatas rata-rata. Tuhan membutuhkan gerejanya untuk menjadi ‘raja-raja’ yang ditiru oleh dunia, bukan sebaliknya. Jangan remehkan sekecil apapun talentamu! Upgrade yourself everyday karena Tuhan mempercayakan masa depan generasi berikutnya di tangan orang-orang yang ahli. Hikmat keahlian tersebut akan Tuhan beri ketika kita memiliki semangat untuk terus belajar, dedikasi dan kerajinan hidup. Hanya dalam hadirat Tuhan kita bisa mendapatkan hikmat Ilahi, karena di luar hadirat-Nya kita tak akan mendapatkan apa-apa. Hormatilah Roh Kudus dalam diri kita, berendahhatilah untuk meminta hikmat dari-Nya setiap saat. Jika besi menjadi tumpul dan tidak diasah, maka orang harus memperbesar tenaga, tetapi yang terpenting untuk berhasil adalah hikmat.” (Pengkhotbah 10:10).

Don’t be down even though you are nothing because with God you are something.

“Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.” (Yeremia 29:11)

Category

%d bloggers like this: