HEAVENOUS

Penyembah Yang Benar

Posted on: February 8, 2013

Yohanes 4:23

“Tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang, bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran; sebab Bapa menghendaki penyembah-penyembah demikian.”

Shalom!

            Penyembahan berbicara tentang hati kita. Identitas penyembahan adalah Roh dan kebenaran karena Roh dan kebenaran tidak bisa dibuat-buat. Penyembahan itu spontan, apa adanya dan tidak bisa dibuat-buat. Menyembah dalam Roh dan kebenaran berarti memiliki gaya hidup seperti Kristus, karena kita akan menjadi sama seperti yang kita sembah. Tuhan tidak mencari penyembahan tetapi penyembah yang memiliki kesungguhan hati untuk dipersembahkan kepada Tuhan.

            Berserulah hanya kepada pribadi yang layak disembah, bukan kepada manusia. Seorang penyembah yang benar tidak akan berhenti menyembah karena sebuah tekanan tetapi ia akan terus menyembah kepada Tuhan meskipun dalam keadaan yang tidak memungkinkan (Markus 10:46-52).

            2 hal yang membuat seorang yang sederhana seperti Bartimeus mengalami metamorfosis setelah berjumpa secara pribadi dengan Tuhan Yesus dalam penyembahan, yaitu:

  1. Bartimeus berani menanggalkan “jubahnya” (kepahitan, kebanggaan, keangkuhan, dll). “jubah” yang tidak ditanggalkan akan menghalangi kita untuk mengalami perjumpaan pribadi dengan Tuhan.
  2. Bartimeus mengetahui hal terpenting yang ia butuhkan dan meminta Tuhan untuk melawatnya, bukan hanya meminta apa yang ia inginkan. “Tanya Yesus kepadanya: “Apa yang kaukehendaki supaya Aku perbuat bagimu?” Jawab orang buta itu: “Rabuni, supaya aku dapat melihat!”” (Markus 10:51). Bartimeus memang seorang pengemis, namun tidak memiliki mental seorang pengemis. Jadilah seorang yang sederhana namun memiliki dampak besar bagi kehidupan orang lain. Tuhan Yesus memberkati.

Category

%d bloggers like this: