HEAVENOUS

Berkat Di Balik Masalah

Posted on: February 8, 2013

Ibrani 12:7

Masalah lagi…masalah lagi.. Itulah yang seringkali orang katakan bila masalah datang. Satu masalah saja belum selesai, terkadang bertubi-tubi masalah lainnya datang. Dalam keadaan bingung, tidak sedikit orang yang bertindak bodoh saat menghadapi masalah, mereka membenci masalah yang harus mereka hadapi, ataupun melakukan hal-hal yang sebenarnya tidak perlu dilakukan. Contohnya: karena ada masalah keuangan/berhutang, ada yang menipu, korupsi, dsb. Padahal, jika kita bisa melihat situasi masalah secara positif, kita dapat melihat adanya berkat di mana Tuhan menggunakan masalah itu untuk suatu maksud yang baik, untuk membentuk kita supaya bertumbuh lebih baik lagi dari sebelumnya. Tuhan minta supaya kita belajar daripada-Nya, pikullah masalah dan dapatkan jalan keluar melalui Tuhan juga.

Berkat di balik masalah:

  1. Supaya kita dapat belajar dari kesalahan. Masalah adalah sarana untuk introspeksi (Mazmur 119:71). Kegagalan demi kegagalan itu wajar, kita tinggal belajar agar tidak mengalaminya di masa yang akan datang.
  2. Supaya kita tetap berpegang teguh pada Tuhan. Masalah adalah sarana ujian dari Tuhan, apakah kita mengandalkan Dia atau mengandalkan diri sendiri (Yakobus 1:2-3). Untuk mengikis kesombongan manusiawi kita yang seringkali merasa sanggup melakukan apa saja. Apakah dengan adanya masalah, kita malah jadi pesimis dan kemudian menyalahkan Tuhan?
  3. Supaya kita semakin sempurna. Bila kita tekun (Roma 5:3-4) sampai kita berhasil melewati masalah, itu berarti kita mengalami perubahan menjadi lebih baik lagi. Perubahan ini mengarahkan kita untuk menjadi semakin sempurna seperti Yesus. Bukankah ini yang Tuhan inginkan dari hidup kita? Milikilah karakter seperti Yesus. Masalah adalah alat untuk membentuk karakter kita. Janganlah dihindari! Tuhan lebih perhatikan karakter kita daripada kenyamanan hidup kita.

Kita harus percaya bahwa Tuhan peduli dan tidak pernah meninggalkan kita saat masalah apapun terjadi. Ketahuilah adanya berkat di balik masalah yang ada, agar kita jadi semakin sempurna dalam kehidupan ini.

Category

%d bloggers like this: