HEAVENOUS

Buah Kesabaran

Posted on: January 24, 2013

Yakobus 1:2-4

Saudara-saudaraku, anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh ke dalam berbagai-bagai pencobaan, sebab kamu tahu, bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan. Dan biarkanlah ketekunan itu memperoleh buah yang matang, supaya kamu menjadi sempurna dan utuh dan tak kekurangan suatu apa pun.”

Shalom!

Buah kesabaran membawa kita menuju kepada kesempurnaan, keutuhan dan tidak kekurangan. Kesabaran itu penting karena:

  1. Kesabaran adalah karakter Allah. Roma 15:5 berkata Semoga Allah, yang adalah sumber ketekunan dan penghiburan, mengaruniakan kerukunan kepada kamu, sesuai dengan kehendak Kristus Yesus” Keadaan lingkungan yang ekstrim mempengaruhi karakter manusia yang berada di lingkungan tersebut. Hidup adalah proses untuk kita menjadi pribadi yang lebih sabar. Kesabaran adalah buah Roh. “Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan” (Galatia 5:22) Kesabaran adalah kasih. Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong.” (1 Korintus 13:4)
  2. Kesabaran adalah pintu untuk menerima janji Allah. Ibrani 6:12 berkata agar kamu jangan menjadi lamban, tetapi menjadi penurut-penurut mereka yang oleh iman dan kesabaran mendapat bagian dalam apa yang dijanjikan Allah.” Iman harus disertai dengan kesabaran, karena kesabaran adalah jembatan yang menghubungkan iman dengan janji Allah. Tanpa kesabaran yang ekstra, pengharapan kita mulai memudar ketika janji Tuhan tak kunjung digenapi dalam hidup kita. Hidup adalah proses untuk memiliki benih agar menghasilkan buah-buah Roh. “Yang jatuh di tanah yang baik itu ialah orang, yang setelah mendengar firman itu, menyimpannya dalam hati yang baik dan mengeluarkan buah dalam ketekunan.” (Lukas 8:15)
  3. Kesabaran adalah jalan menuju kedewasaan dan kesempurnaan. Hidup adalah proses yang memerlukan waktu (tidak instant) agar suatu hari kelak kita melihat bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi kita. Walaupun kita belum melihat hal-hal yang besar sekarang ini, tetapi tetaplah percaya bahwa Tuhan menjadikan segala sesuatu indah pada waktunya. Jika kita sabar, kelak kita akan menuai hasil yang luar biasa tepat pada waktunya. Tuhan Yesus memberkati.

Category

%d bloggers like this: