HEAVENOUS

LEVEL UP YOUR LIFE!

Posted on: January 9, 2013

Yosua 1:4

“Dari padang gurun dan gunung Libanon yang sebelah sana itu sampai ke sungai besar, yakni sungai Efrat, seluruh tanah orang Het, sampai ke Laut Besar di sebelah matahari terbenam, semuanya itu akan menjadi daerahmu.”

 

Shalom!

Kehidupan adalah sebuah ‘film’ dengan Tuhan sebagai sutradaranya. Bagus atau tidaknya drama kehidupan kita tergantung pada diri kita sendiri sebagai aktornya. Adalah bodoh jika kita mengharapkan sesuatu yang baik terjadi tetapi kita tetap melakukan hal yang tidak baik. Tahun 2013 entering the next level berarti kita harus terus memperbaharui kehidupan kita dengan meningkatkan kualitas diri sehingga skenario kehidupan yang telah Tuhan rancangkan bagi kita terwujud dengan sempurna.

“Life is a game, so level up!” berarti kita harus mempunyai mentalitas seorang pemenang untuk menggenapi janji Tuhan dalam hidup kita, yaitu menjadi lebih dari pemenang. Janji Tuhan seperti karet yang elastis; diperlukan mentalitas yang selalu bersemangat dan berani melangkah lebih lagi untuk meraih janji Tuhan yang sempurna. Sampai di mana “batas” naik level itu? Tergantung di mana kita “berhenti melangkah”, yaitu sejauh mana kita berani berjalan bersama Tuhan. Kitalah yang bertanggungjawab atas penggenapan janji Tuhan dalam hidup kita sendiri, bukan orang lain/keadaan.

Ada 3 tipe orang berdasarkan responnya terhadap janji Tuhan, yaitu:

  1. The quitters (Keluaran 14:10-12). Tipe ini adalah orang-orang yang mudah mengeluh, putus asa dan menyerah sebelum mencoba/berjuang. Mereka memiliki mentalitas “kemustahilan” karena mereka mengukur janji Tuhan sesuai dengan perkiraan akan kapasitas diri mereka sendiri sehingga mereka pada akhirnya tidak melakukan apa-apa; mereka takut untuk menghadapi sebuah tantangan yang baru (tidak berani bertanggung jawab). Selain itu, mereka mempunyai mentalitas sebagai “korban”, dimana mereka sering menyalahkan keadaan/orang lain tanpa pernah introspeksi diri sendiri. Level up your mentality! Marilah kita tingkatkan mentalitas kita untuk menghadapi tantangan-tantangan yang “menutupi” pandangan kita akan berkat Tuhan!
  2. The campers (Bilangan 32:1-5). Tipe ini adalah orang-orang yang berani bayar harga meski di tengah tantangan, namun akhirnya mereka mulai sombong dan tidak mawas diri ketika diberkati Tuhan sehingga ‘mogok’ mencari Tuhan. Semangat dan cinta mula-mula kepada Tuhan dilunturkan oleh berkat dan membuat mereka puas berhenti di ‘zona nyaman’ (berhenti di tengah perjalanan iman). Kelihatannya tipe ini lebih baik dibandingkan tipe pertama, namun mereka tetap sama-sama tidak berkenan di hadapan Tuhan (Bilangan 32:10). Level up your character! Jangan sampai pencobaan dan berkat menghentikan langkah kehidupan kita bersama Tuhan!
  3. The climbers (Yosua 14:10-12). Tipe ini adalah orang-orang yang mau terus mendaki hingga meraih kepenuhan janji Tuhan digenapi dalam hidupnya meski mereka telah mengalami ‘zona nyaman’. Mereka memiliki semangat yang tetap sama untuk hidup di dalam Tuhan seperti ketika mereka masih belum diberkati oleh Tuhan. Kepada tipe orang seperti inilah janji Tuhan yang sempurna akan digenapi. Level up your skill of life! Marilah paksa diri kita sendiri untuk terus melakukan peningkatan-peningkatan baru hingga kita menjadi seperti Kristus! Tuhan melihat sebuah mentalitas yang berbeda pada umat-Nya untuk membawa mereka masuk ke dalam level yang lebih tinggi, yaitu mentalitas seorang prajurit sejati. Seorang prajurit sejati menghendaki untuk ditempatkan di sebuah medan perang yang ‘berbahaya’ karena mereka tahu bahwa mereka akan menjadi yang terbaik di ‘level’ tersebut. Tuhan Yesus memberkati.

Category

%d bloggers like this: