HEAVENOUS

Memperhatikan!!!

Posted on: December 16, 2012

Poin penting untuk masuk ke level berikutnya adalah “memperhatikan”. Kata “memperhatikan” dalam Bahasa Inggrisnya adalah “make attention/respect/honor”. Jadi dengan memberi perhatian kepada setiap perkataan Tuhan, kita sedang memuliakan Tuhan dan menghormati nama-Nya.

  1. Memperhatikan apa yang telah kita dengar. Ibrani 2:1 berkata “Karena itu harus lebih teliti kita memperhatikan apa yang telah kita dengar, supaya kita jangan hanyut dibawa arus.” Mendengar dan memperhatikan akan memuat kita mengerti dan bisa melakukannya dalam hidup kita. Tuhan Yesus berkata, orang yang bijaksana adalah orang yang mendengar dan melakukan perkataan-Nya. Waspadalah dengan apa yang ditawarkan dunia, jangan sampai hanyut dibawa arus.
  2. Perhatikanlah dengan cara apa kita membangun kehidupan kita. 1 Korintus 3:10 berkata “Sesuai dengan kasih karunia Allah, yang dianugerahkan kepadaku, aku sebagai seorang ahli bangunan yang cakap telah meletakkan dasar, dan orang lain membangun terus di atasnya. Tetapi tiap-tiap orang harus memperhatikan, bagaimana ia harus membangun di atasnya.” Dasar kita adalah Yesus Kristus, tetapi perhatikanlah bagaimana kita membangun kehidupan kita diatas dasar ini: apakah dengan “emas, perak dan batu permata” yaitu dengan hal-hal yang mulia dan berkenan kepada Tuhan (benda-benda hasil proses alam yang cukup berat) atau dengan “kayu, rumput kering dan jerami” yaitu hal-hal yang murahan dan sembarangan saja, benda-benda yang bukan hasil proses. Kita bisa menghindari proses yang Tuhan izinkan terjadi dalam hidup kita, tetapi sekali waktu akan ada api Tuhan yang menguji. Dasar kita bisa sama tetapi dengan cara apa kita membangun diatasnya itu adalah keputusan kita masing-masing.
  3. Memperhatikan untuk menghormati nama Tuhan. Maleakhi 2:1-2 berkata “Maka sekarang, kepada kamulah tertuju perintah ini, hai para imam! Jika kamu tidak mendengarkan, dan jika kamu tidak memberi perhatian untuk menghormati nama-Ku, firman TUHAN semesta alam, maka Aku akan mengirimkan kutuk ke antaramu dan akan membuat berkat-berkatmu menjadi kutuk, dan Aku telah membuatnya menjadi kutuk, sebab kamu ini tidak memperhatikan.” Pelanggaran orang Israel yang menyebabkan Tuhan tidak berbicara selama 400 tahun adalah karena mereka tidak mendengarkan dan tidak memberi perhatian akan suara Tuhan.

Hati-hati! Jika kita telah membiasakan diri untuk tidak memberi perhatian kepada apa yang Tuhan katakan, maka sekalipun Tuhan sendiri yang berbicara secara pribadi kita tetap tidak akan memperhatikan. Contohnya adalah Kain yang tetap saja membunuh Habel padahal Tuhan sudah memperingatkannya sebelumnya (Kejadian 4:6-7), ingatlah bahwa pembalasan adalah hak Tuhan (Ibrani 10:30). Tuhan Yesus memberkati.

Category

%d bloggers like this: