HEAVENOUS

Bebas Dari Ikatan Dosa

Posted on: December 15, 2012

Yesaya 59:1-2

Sesungguhnya, tangan TUHAN tidak kurang panjang untuk menyelamatkan, dan pendengaran-Nya tidak kurang tajam untuk mendengar; tetapi yang merupakan pemisah antara kamu dan Allahmu ialah segala kejahatanmu, dan yang membuat Dia menyembunyikan diri terhadap kamu, sehingga Ia tidak mendengar, ialah segala dosamu.”

Keterikatan dosa merupakan hal yang harus dipastikan terlepas dari kehidupan kita sebagai anak-anak Tuhan. Hal demikian dapat menghambat pertumbuhan rohani kita, bahkan menghambat berkat dan mujizat Tuhan. Mungkin kita telah berdoa bertahun-tahun, namun doa kita tidak pernah terjawab, karena bisa saja ada suatu ikatan dosa pada sesuatu yang tidak berkenan di hadapan Tuhan. Terkadang kita bahkan tidak menyadari, dan kita hanya dapat bertanya-tanya dalam hati, “Kenapa ya Tuhan? Ada apa ya Tuhan?”. Mari temukan jawabannya hari ini juga!

Untuk mengetahui apakah kita terikat pada suatu dosa yang belum dibereskan, pada dasarnya tidak terlalu sulit. Beberapa hal berikut ini adalah cara untuk menguji apakah kita sudah terbebas dari ikatan dosa atau belum, sbb:

  1. Periksa apakah kita masih memiliki damai sejahtera atau tidak? Jika masih ada dosa, kita pasti tidak akan merasa tenang/selalu gelisah. (Yesaya 32:17)
  2. Periksa seluruh aspek kehidupan: naik atau turun? Periksalah aspek rohani/hubungan dengan Tuhan, aspek pekerjaan/usaha, aspek rumah tangga/keluarga, dan aspek pelayanan kita. (Ulangan 28:13)

Langkah untuk memutuskan/meninggalkan ikatan dosa:

  • Berdoa meminta ampun pada Tuhan atas dosa tersebut. (1 Yohanes 1:9)
  • Jauhi area/situasi yang dapat menyeret kita pada ikatan tersebut. (1 Tesalonika 5:22)
  • Selalu berjaga-jaga/waspada dengan cara setiap hari berdoa dan merenungkan Firman Tuhan. (Matius 26:41)

Dengan apakah seorang muda mempertahankan kelakuannya bersih? Dengan menjaganya sesuai dengan firman-Mu. Dengan segenap hatiku aku mencari Engkau, janganlah biarkan aku menyimpang dari perintah-perintah-Mu. Dalam hatiku aku menyimpan janji-Mu, supaya aku jangan berdosa terhadap Engkau. Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku.” (Mazmur 119:9-11,105)

 

            Saat kita bebas dari dosa, maka hidup kita akan berubah ke arah yang lebih baik. Doa dan permohonan kita tidak akan terhalang lagi, kita akan mengalami berkat dan anugerah Tuhan yang tidak terbatas. Mari masuki “level yang lebih tinggi lagi”, bebaskan kehidupan kita dari segala ikatan dan dosa, untuk menyambut masa depan yang penuh dengan pengharapan.

Category

%d bloggers like this: