HEAVENOUS

Logos & Rhema

Posted on: December 5, 2012

Matius 7:28-29

“Dan setelah Yesus mengakhiri perkataan ini, takjublah orang banyak itu mendengar pengajaran-Nya, sebab Ia mengajar mereka sebagai orang yang berkuasa, tidak seperti ahli-ahli Taurat mereka.”

            Setiap kali pengajaran Yesus disampaikan selalu membawa kegairahan baru. Yesus memberikan pengajaran yang berbeda dibanding ahli-ahli Taurat karena Yesus memberitakan rhema sedangkan ahli-ahli Taurat memberitakan logos.

Logos adalah seluruh perkataan Firman Tuhan yang ada di Alkitab dan menyentuh pikiran kita (memberi pengetahuan). Rhema adalah Firman Tuhan yang Ia sampaikan sesuai keadaan di waktu tertentu dan menyentuh hati kita (memberi kekuatan dan jalan keluar dalam pergumulan).

Ibrani 4:12 berkata “Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua mana pun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita.”

Jadi bagaimanakah rhema itu?

  1. Rhema adalah Firman Tuhan yang hidup; janji Tuhan secara pribadi kepada kita. Jadi, ketika dalam pergumulan kita mendapat rhema dari Tuhan, kita tak perlu meminta lagi agar Tuhan memulihkan keadaan kita tetapi kita harus melakukan/memperkatakan rhema tersebut dengan iman di tengah pergumulan kita dan lihatlah mujizat Tuhan dinyatakan dalam hidup kita.
  2. Rhema itu aktif, berarti memberikan energy baru (memberi kehidupan).
  3. Rhema itu selalu cepat, tidak berlambat-lambat untuk dinyatakan.
  4. Rhema itu penuh kuasa untuk memberikan mujizat.
  5. Rhema adalah pedang bermata dua. Ketika kita memperkatakannya, rhema bekerja di dalam Roh kita kemudian menyembuhkan kelemahan jiwa kita dan menyatakan kesembuhan juga dalam tubuh jasmani kita serta mengubahkan karakter buruk kita. Manusia adalah makhluk hidup dan hanya dapat “dihidupkan” oleh Firman Allah yang hidup.

Category

%d bloggers like this: