HEAVENOUS

Belajar Dari Kehidupan 24 Tua-Tua di Surga

Posted on: October 29, 2012

“Kemudian dari pada itu aku melihat: Sesungguhnya, sebuah pintu terbuka di sorga dan suara yang dahulu yang telah kudengar, berkata kepadaku seperti bunyi sangkakala, katanya: Naiklah ke mari dan Aku akan menunjukkan kepadamu apa yang harus terjadi sesudah ini. Segera aku dikuasai oleh Roh dan lihatlah, sebuah takhta terdiri di sorga, dan di takhta itu duduk Seorang.”

(Wahyu 4:1-2)

Seperti doa Tuhan Yesus “Jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga…”, penting bagi kita untuk meneladani hal ini:

  1. Duduk di sekitar tahta Tuhan Yesus, berarti kita selalu berada di dalam hadirat-Nya.
  2. Mata tertuju kepada Tuhan Yesus, berarti Tuhan Yesus menjadi pusat kehidupan kita sehingga kita hanya berharap dan mengandalkan Dia saja. Dalam menghadapi masalah-masalah kehidupan, hendaklah kita merenungkan “Jika Tuhan Yesus yang mengalami hal ini, apa yang Dia lakukan?”. Tetap melakukan firman-Nya meskipun ‘ditentang’ oleh dunia: “Celakalah kamu, jika semua orang memuji kamu; karena secara demikian juga nenek moyang mereka telah memperlakukan nabi-nabi palsu.” (Lukas 6:26). Ketika kita ‘disalahkan’ ketika melakukan kebenaran, sebenarnya kita termasuk orang benar.
  3. Unity, ‘naik level’ dimulai dari kesatuan dalam keluarga.
  4. Memiliki otoritas pengurapan raja, berarti kita menjadi kepala dan bukan ekor. Dalam market place, ide kita yang berasal dari Tuhan boleh diterima dan menjadi berkat bagi orang lain. “di takhta-takhta itu duduk dua puluh empat tua-tua, … mahkota emas di kepala mereka.” (Wahyu 4:4)
  5. Hidup kudus, “…di takhta-takhta itu duduk dua puluh empat tua-tua, yang memakai pakaian putih…” (Wahyu 4:4)

Angka 3 pada Tahun Ayin Gimel (5773) digambarkan sebagai seekor unta, hal yang perlu kita pelajari dari seekor unta, yaitu:

  1. Mampu bertahan dalam keadaan yang ekstrim. Unta sanggup bertahan hidup dalam cuaca yang sangat panas karena Tuhan mendesain organ tubuhnya untuk bisa mengatasi keadaan yang ekstrim tersebut. Percayalah janji Tuhan dalam 1 Korintus 10:13 bahwa “Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.” Tuhan berjanji bahwa kita sudah diberi kuasa dan Tuhan sudah mendesain kita sebagai orang-orang yang berkenan di hadapan Tuhan sehingga kita bisa mengatasi segala situasi yang berat. “TUHAN menetapkan langkah-langkah orang yang hidupnya berkenan kepada-Nya; apabila ia jatuh, tidaklah sampai tergeletak, sebab TUHAN menopang tangannya.” Orang benar mungkin jatuh tetapi tidak sampai tergeletak, tetapi orang fasik pasti benar-benar ambruk ketika ia jatuh.
  2. Mengandalkan pemeliharaan Tuhan yang sempurna. Rahasia daya tahan unta ada di punuknya yang menyimpan persediaan makanan ketika dibutuhkan sehingga ia kuat kembali untuk menghadapi cuaca ekstrim. “Sebab itu janganlah kamu kuatir dan berkata: Apakah yang akan kami makan? Apakah yang akan kami minum? Apakah yang akan kami pakai? Semua itu dicari bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah. Akan tetapi Bapamu yang di sorga tahu, bahwa kamu memerlukan semuanya itu. Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.” (Matius 6:31-33). Carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya dengan “Bangkitlah, menjadi teranglah, sebab terangmu datang, dan kemuliaan TUHAN terbit atasmu.”
  3. Sanggup melakukan yang sulit dilakukan oleh orang kaya. “Sekali lagi Aku berkata kepadamu, lebih mudah seekor unta masuk melalui lobang jarum dari pada seorang kaya masuk ke dalam Kerajaan Allah.”” (Matius 19:24). Hati-hati dengan cinta akan uang! Persepuluhan adalah salah satu cara Tuhan untuk mematahkan cinta uang. Melakukan persepuluhan berarti kita “mengembalikan milik Tuhan” bukan “memberi kepada Tuhan”. “Pemberian” ataupun persembahan yang lain itu tidak termasuk dengan persepuluhan kita.

Category

%d bloggers like this: