HEAVENOUS

The Power Of Commitment

Posted on: September 30, 2012

Mazmur 37:5

Serahkanlah hidupmu kepada TUHAN dan percayalah kepada-Nya, dan Ia akan bertindak”

Commit thy way unto the LORD; trust also in Him; and He shall bring it to pass” (NKJV)

Shalom!

Komitmen adalah kunci keberhasilan di segala bidang. Banyak orang gagal bukan karena kurang kemauan/mimpi tetapi karena tidak berani mengambil komitmen untuk apa yang ia inginkan –Vinee Lombardi. Komitmen berarti apapun keadaannya tetap melakukan prinsip hidup kita dengan total (mampu mengalahkan perasaan sendiri yang berubah-ubah) meskipun merugi/sedang tidak ingin melakukannya. Orang yang berkomitmen pasti karakternya energic (berenergi lebih/bersemangat).

Tokoh-tokoh Alkitab yang berani berkomitmen selalu mengatakan “sekalipun”, yaitu:

  1. Sekalipun pohon ara tidak berbunga, pohon anggur tidak berbuah, hasil pohon zaitun mengecewakan, sekalipun ladang-ladang tidak menghasilkan bahan makanan, kambing domba terhalau dari kurungan, dan tidak ada lembu sapi dalam kandang, namun aku akan bersorak-sorak di dalam TUHAN, beria-ria di dalam Allah yang menyelamatkan aku.” (Habakuk 3:17-18)
  2. Sekalipun dagingku dan hatiku habis lenyap, gunung batuku dan bagianku tetaplah Allah selama-lamanya.” (Mazmur 73:26)
  3. tetapi seandainya tidak, hendaklah tuanku mengetahui, ya raja, bahwa kami tidak akan memuja dewa tuanku, dan tidak akan menyembah patung emas yang tuanku dirikan itu.” (Daniel 3:18)

 

Tokoh Alkitab yang menjadi teladan sempurna bagi kita adalah Tuhan Yesus; Ia disalib bukan karena Ia lemah namun karena komitmen-Nya untuk menyelamatkan kita sehingga Ia mengabaikan perasaan-Nya sendiri.

Komitmen berarti menyelesaikan apa yang telah kita mulai, karena berhenti di tengah jalan itu lebih buruk dibanding belum memulai sama sekali. Amsal 20:6 berkata Banyak orang menyebut diri baik hati, tetapi orang yang setia, siapakah menemukannya?” Orang yang setia/berkomitmen adalah orang yang tetap pendiriannya.

Ia menyediakan pertolongan bagi orang yang jujur, menjadi perisai (personal bodyguard-Msg) bagi orang yang tidak bercela lakunya, sambil menjaga jalan keadilan (pays special attention-Msg), dan memelihara jalan orang-orang-Nya yang setia (committed ones-Msg.” (Amsal 2:7-8)

Hendaklah kita berkomitmen untuk menjadi orang benar meskipun itu sulit. Hendaklah komitmen mengalahkan logika-logika ataupun perasaan kita karena Tuhan sangat mencari dan menghargai orang-orang yang berkomitmen. Tuhan Yesus memberkati.

Category

%d bloggers like this: