HEAVENOUS

Setia

Posted on: September 23, 2012

Ulangan 8:1-6

“Segenap perintah, yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, haruslah kamu lakukan dengan setia, supaya kamu hidup dan bertambah banyak dan kamu memasuki serta menduduki negeri yang dijanjikan TUHAN dengan sumpah kepada nenek moyangmu. Ingatlah kepada seluruh perjalanan yang kaulakukan atas kehendak TUHAN, Allahmu, di padang gurun selama empat puluh tahun ini dengan maksud merendahkan hatimu dan mencobai engkau untuk mengetahui apa yang ada dalam hatimu, yakni, apakah engkau berpegang pada perintah-Nya atau tidak. Jadi Ia merendahkan hatimu, membiarkan engkau lapar dan memberi engkau makan manna, yang tidak kaukenal dan yang juga tidak dikenal oleh nenek moyangmu, untuk membuat engkau mengerti, bahwa manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi manusia hidup dari segala yang diucapkan TUHAN. Pakaianmu tidaklah menjadi buruk di tubuhmu dan kakimu tidaklah menjadi bengkak selama empat puluh tahun ini. Maka haruslah engkau insaf, bahwa TUHAN, Allahmu, mengajari engkau seperti seseorang mengajari anaknya. Oleh sebab itu haruslah engkau berpegang pada perintah TUHAN, Allahmu, dengan hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya dan dengan takut akan Dia.”

Shalom!

Yang Tuhan inginkan bagi setiap umat-Nya adalah melakukan segenap perintah Tuhan dengan setia. Setia adalah tetap melakukan Firman Allah walaupun keadaan tak memungkinkan. Kita perlu dilatih untuk setia dan padang gurun adalah satu-satunya tempat untuk memproses kita menjadi seorang pribadi yang setia.

3 hal yang akan kita jumpai ketika kita berada di padang gurun, yaitu:

  1. Di padang gurun ada kekurangan. Padang gurun adalah tempat di mana kita tak bisa mendapatkan pertolongan dari siapapun selain Tuhan. Tuhan izinkan kita masuk padang gurun bukan karena ‘iseng’ tapi dengan tujuan agar dalam segala hal kita selalu bergantung sepenuhnya kepada Tuhan.
  2. Di padang gurun banyak ‘musuh’. 1 Petrus 5:8-10 berkata Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya. Lawanlah dia dengan iman yang teguh, sebab kamu tahu, bahwa semua saudaramu di seluruh dunia menanggung penderitaan yang sama. Dan Allah, sumber segala kasih karunia, yang telah memanggil kamu dalam Kristus kepada kemuliaan-Nya yang kekal, akan melengkapi, meneguhkan, menguatkan dan mengokohkan kamu, sesudah kamu menderita seketika lamanya.” Iblis selalu berusaha dengan berbagai macam cara untuk menghambat kehidupan kita, membelenggu kita dalam ikatan dosa, menjauhkan kita dari Tuhan dan membinasakan kita. Namun, janganlah ragu untuk datang kepada Tuhan karena Tuhan pasti mengampuni dosa kita dan memulihkan keadaan kita menjadi lebih baik. Tidak ada yang mustahil bagi-Nya!
  3. Di padang gurun seringkali kita melihat bahwa apa yang Allah janjikan berkebalikan dengan kenyataan hidup meskipun kita hidup benar. Tapi ingatlah, jika Tuhan sudah berjanji, Ia pasti menepati.

Apapun padang gurun persoalan kita, bersyukurlah dan tetap setia karena Tuhan menghendaki kita untuk terus naik level! Semakin besar persoalan yang kita harus hadapi, semakin besar pula kemuliaan Tuhan yang akan dinyatakan dalam kehidupan kita. Tuhan Yesus memberkati.

Category

%d bloggers like this: