HEAVENOUS

Hal Keuangan

Posted on: July 23, 2012

Shalom!

Kesuburan tanah tergantung pola hidup manusia yang berada di atasnya, yaitu hidup benar dan memegang teguh perjanjian dengan Tuhan. Kerusakan ekonomi adalah salah satu tanda akhir zaman, karenanya kita harus waspada terhadap berbagai “penyakit keuangan” (mau instant, hidup dalam daging/dosa, ingin dihormati manusia) dengan selalu memberikan segalanya bagi Tuhan, tidak berniat menjadi seperti Tuhan dan selalu menabur.

Tahun 2012 adalah tahun “pendahuluan” perkenanan Tuhan, karenanya bersiap-siaplah untuk menerima “tsunami kelimpahan” di tahun 2013. Perhatikan bahwa kelimpahan dapat memisahkan orang-orang Kristen sejati dan orang-orang Kristen yang tidak sejati. Tuhan memberkati kita dengan berlimpah-limpah agar kita dapat beribadah dengan baik, tidak berdosa dan tahan menghadapi penyesatan.

Berkat Tuhan ada 3 jenis, yaitu:

  1. Hadiah yaitu berkat yang diterima tanpa perjuangan apapun, tetapi hanya karena kasih karunia Tuhan dan jarang terjadi.
  2. Berkat yang diperoleh karena doa, sifatnya spesifik tergantung kebutuhan pribadi masing-masing dan perlu iman.
  3. Amsal 28:20 berkata Orang yang dapat dipercaya mendapat banyak berkat, tetapi orang yang ingin cepat menjadi kaya, tidak akan luput dari hukuman.”

Pekerjaan yang harus kita lakukan dengan baik dalam hal keuangan, yaitu:

  1. Ketahui talenta Anda, hidup di luar talenta yang dimiliki adalah dosa karena tidak tahu pasti apa yang harus dilakukan. Berhikmatlah, talenta adalah sebuah anugerah besar! Talenta adalah hal yang paling Anda sukai, membuat Anda lupa waktu ketika mengerjakannya, bersedia dibayar minimum ataupun tidak sama sekali ketika diminta untuk mengerjakannya, merasakan kreativitas bertambah, bertumbuh lebih cepat dibanding teman seangkatan Anda, tidak mudah bosan, merasa pekerjaan itu sangat mudah, Anda sering bertemu secara “kebetulan” dengan sesuatu yang menyangkut talenta Anda karena talenta akan “menarik” Anda mendekat kepadanya, Anda sering dipuji oleh orang lain ketika melakukannya. Hati-hati jika Anda masuk ke dalam suatu bidang karena mengikuti teman-teman atau trend yang sedang populer. Kembangkan talenta Anda dengan berbagai cara yang tidak merugikan orang lain.
  2. Hal yang terpenting dalam pekerjaan adalah karakter (Galatia 5:2) –jujur.
  3. Urapan, ini adalah anugerah Tuhan. Pengurapan adalah tanggung jawab.

Bagaimana seharusnya kita mengatur keuangan kita? Tetap berpegang pada Alkitab, dalam mengatur prioritas pengeluaran untuk hal-hal: (1) Spriritual –persepuluhan & menabur, (2) Investasi (Amsal 24:27) –menabung, (3) Gaya hidup, (4) Rutinitas, (5) Investasi jangka panjang –tanah. Nomor 1 & 2 sifatnya produktif (menghasilkan), sedangkan nomor 3, 4 & 5 sifatnya konsumtif (menghabiskan). Hiduplah secukupnya! Utamakan kuasa, damai sejahtera dan sukacita. Tuhan Yesus memberkati.

Category

%d bloggers like this: