HEAVENOUS

Life Satisfaction (Kepuasan Hidup)

Posted on: June 13, 2012

Filipi 4:11-13

Kukatakan ini bukanlah karena kekurangan, sebab aku telah belajar mencukupkan diri dalam segala keadaan. Aku tahu apa itu kekurangan dan aku tahu apa itu kelimpahan. Dalam segala hal dan dalam segala perkara tidak ada sesuatu yang merupakan rahasia bagiku; baik dalam hal kenyang, maupun dalam hal kelaparan, baik dalam hal kelimpahan maupun dalam hal kekurangan. Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.”

Shalom!

Keadaan zaman ini membuat kita sulit untuk mendapatkan kepuasan hidup. Surat Filipi disebut juga sebagai Kitab Sukacita karena Rasul Paulus (Rasul Sukacita) banyak berbicara tentang menikmati kehidupan bagaimanapun keadaannya, dimana ia mendapat pewahyuan ini ketika ia sedang dalam keadaan yang tidak menyenangkan.

Kepuasan adalah sebuah keterampilan yang bisa dipelajari! Sukacita tidak tergantung keadaan tetapi tergantung pada keterampilan hidup yang kita miliki. Kepuasan bukanlah hasil dari suatu keadaan tertentu, melainkan hasil dari sebuah gaya hidup yang dilakukan dengan sengaja (dibiasakan), yaitu mengucap syukur kepada Tuhan bagaimanapun keadaannya. Beranilah keras kepada diri kita sendiri, kita harus memaksa diri kita sendiri untuk belajar ketika kita sedang tidak ingin belajar (karena keadaan tidak memungkinkan). Kepuasan tidak bisa ditunggu, tapi harus ditumbuhkan! Masalahnya bukanlah “keadaan buruk” tapi “kebiasaan buruk”. Prinsipnya adalah: “Ubahlah sikapmu, maka situasi akan berubah!”

“Try to pretend that you are happy. Slowly it becomes your habit & gradually it becomes your character.” Belajarlah untuk menampilkan respon yang benar meskipun sepertinya sedang menipu diri sendiri agar perlahan-lahan karakter kita pun akan berubah menjadi benar. Sukacita berhubungan erat dengan cara kita berpikir dan beranggapan (pasti penderitaan/proses ini akan membawa kebahagiaan pada akhirnya –tidak merugikan), contoh di Alkitab: Rasul Paulus, Yusuf, Paulus & Silas (Kisah Rasul 16:24-25), Habakuk (Habakuk 3:17-18).

“Life is like a roller coaster. It has its ups and downs. But it’s your choice to scream or enjoy the ride.” Kita semua mengalami perjalanan kehidupan yang sama namun tergantung cara pikir kita apakah takut menjalaninya atau menikmatinya saja. Mazmur 100:4 berkata “Enter with the password: “Thank you!” Make yourselves at home, talking praise. Thank Him. Worship Him.” (Msg) Tuhan Yesus memberkati.

Category

%d bloggers like this: