HEAVENOUS

Apa Yang ALKITAB Katakan Tentang MAKANAN SEHAT?

Posted on: March 6, 2012

  • In: GBI Sukawarna
  • Comments Off on Apa Yang ALKITAB Katakan Tentang MAKANAN SEHAT?

 “Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!” (Amsal 6:20)

Diri kita bukanlah milik kita sendiri lagi, kita telalh dibeli dan harganya telah lunas dibayar, sehingga kita mempunyai tanggung jawab untuk memuliakan Allah dengan tubuh kita yang sehat ini. Oleh karena itu, ingatlah selalu tiga prinsip dalam memilih makanan yang sehat menurut Alkitab:

PRINSIP I

Makanlah hanya zat-zat/bahan-bahan yang Allah ciptakan sebagai makanan. Hindarilah apa yang tidak diciptakan sebagai makanan atau yang dilarang sebagai makanan atau yang dilarang sebagai makanan (darah, lemak).

“Berfirmanlah Allah: “Lihatlah, Aku memberikan kepadamu segala tumbuh-tumbuhan yang berbiji di seluruh bumi dan segala pohon-pohonan yang buahnya berbiji; itulah akan menjadi makananmu.” (Kejadian 1:29)

Tuhan telah memberikan perintah-Nya mengenai DARAH dan LEMAK yang harus ditaati di zaman Perjanjian Lama, Perjanjian Baru dan hingga saat ini.

“Inilah suatu ketetapan untuk selamanya bagi kamu turun-temurun di segala tempat kediamanmu: janganlah sekali-kali kamu makan lemak dan darah.” (Imamat 3:17)

Secara medis, darah banyak mengandung kuman dan kaya akan zat besi sehingga dapat meracuni tubuh terutama hati sedangkan lemak hewan adalah lemak jahat yang mengakibatkan pernyakita penyumbatan pembuluh darah.

PRINSIP II

Sebanyak mungkin, makanlah makanan sebagaimana makanan itu diciptakan, sebelum diubah/diolah/dikembangkan menjadi sesuatu yang manusia pikir bisa menjadi lebih baik.

Penambahan bahan-bahan kimia sebagai pengawet, pemutih, perasa dan sebagainya, dan mengolah makanan sehingga makanan tersebut tidak lagi mempunyai zat-zat gizi seperti yang pertama kali dirancang Tuhan. Seperti, makanan kalengan, sosis, kornet, “hot dog”, ham, fast food.

PRINSIP III

Hindari kecanduan makanan. Jangan biarkan satu pun makanan atau minuman menjadi allahmu. Seperti kecanduan/ketagihan zat-zat kimiawi, alkohol, obat-obatan, tembakau/rokok, kafein, teh, kopi, lemak, gula, garam.

Akhir kata, cermatlah dalam memilih menu makanan kita, karena apa yang kita tabur hari ini, kita akan tuai pada waktunya kelak. Menabur makanan tidak sehat hari ini, cepat atau lambat akan kita tuai hasilnya.

“”Segala sesuatu diperbolehkan.” Benar, tetapi bukan segala sesuatu berguna. “Segala sesuatu diperbolehkan.” Benar, tetapi bukan segala sesuatu membangun.” (1 Korintus 10:23)

Menu Makanan Yesus – Don Colbert M. D. & Apa Yang Alkitab Katakan Tentang Hidup Sehat – wanita.sabda.org

Category

%d bloggers like this: