HEAVENOUS

7 Jurus Sukses Masa Muda

Posted on: February 25, 2012

Kini ada banyak jurus sukses dari orang-orang sukses. Buku-buku motivasi juga sudah banyak yang diterbitkan. Berkaca dari karakter kristus, sedikitnya ada tujuh jurus utama bagi orang Kristiani untuk mencapai sukses di masa muda.

  1. RAJIN. Rajin adalah sikap paling sederhana yang harus ditumbuhkan sejak awal. Tanpa kerajinan hidup kita akan berantakan. Tugas-tugas menumpuk. Pekerjaan tidak terselesaikan tepat waktu. Dampak akhirnya, kita tidak bisa mengejar dan memanfaatkan peluang terbaik yang muncul tiba-tiba di dalam masa hidup yang singkat ini. “Ketekunan adalah ibu dari nasib baik” (Benyamin Franklin).
  2. ANTUSIAS. Orang yang antusias adalah orang yang bersemangat di dalam hidup. Bangunlah rasa antusias dengan membiasakan diri menikmati hal-hal sederhana karena semangat yang patah akan mengeringkan tulang. Bagaimana cara membangun semangat itu? Mintalah Tuhan menambahkannya setiap pagi melalui doa. “Senjata yang paling hebat di bumi ini adalah jiwa yang berapi-api” (Field Marshal Ferdinand Foch).
  3. INISIATIF. Karakter ini telah ditunjukan Allah pada awal penciptaan manusia. Allah berinisiatif menjadikan seorang perempuan dari tulang rusuk Adam. Hasilnya, Adam memiliki pasangan yang sepadan dengannya. Memiliki sikap inisiatif memang tidak mudah. Harus dilatih dengan cara berani memulai sesuatu yang baru. “Bahkan jika anda berada di jalur yang benar, anda tidak akan pernah sampai jika anda hanya duduk saja” (Will Rogers).
  4. GIGIH. Menjadi gigih membutuhkan energy tersendiri. Seringkali tantangan-tantangan besar meluruhkan kegigihan seseorang ditengah jalan menuju kesuksesan. Padahal tinggal selangkah lagi ia mencapai cita-cita. Orang yang cepat menyerah tidak akan pernah mendapatkan apa yang benar-benar diimpikannya dalam hidup ini. “Dia yang telah melakukan yang terbaik selama hidupnya, telah hidup sepanjang masa” (Johann Von Schiller).
  5. KREATIF. Menciptakan sesuatu yang baru adalah tanda pribadi yang kreatif. Bisa juga dengan membuat sesuatu yang sudah using menjadi baru dengan cara yang berbeda. Tumbuhkan sikap kreatif dengan cara menghindari hal-hal yang bersifat monoton. Ubah jadwal anda setiap beberapa waktu sehingga otak tidak terprogram hanya untuk melakukan hal-hal yang biasa. “Melakukan hal yang sama terus-menerus dan mengharapkan hasil yang berbeda adalah definisi dari ketidakwarasan” (Anonim).
  6. BERTANGGUNG JAWAB. Tidak ada pekerjaan yang lebih mudah selain melimpahkan tanggung jawab kepada orang lain. Padahal orang yang memiliki tanggung jawab penuh atas kesuksesan anda adalah diri anda sendiri. Jika tanggung jawab itu dilimpahkan kepada orang lain, bersiaplah untuk menjadi orang biasa sepanjang waktu. Mulai sekarang lakukan sesuatu dan ambil resikonya. Suatu saat anda akan mendapatkan hasil maksimal. “Sembilan puluh Sembilan persen dari semua kegagalan berasal dari orang-orang yang memiliki kebiasaan membuat alasa” (George Washington Carver).
  7. BIJAKSANA. Kebijaksanaan yang sejati berasal dari Tuhan. Tanpa kebijaksanaan, hikmat, pengetahuan, dan segala kerajinan pun tidak baik. Mintalah hati yang bijaksana dari Tuhan agar kesuksesan yang anda dapatkan benar-benar bermanfaat buat hidup anda sendiri, keluarga, dan orang-orang di sekeliling anda. “Langkah pertama dalam hikmat adalah mempertanyakan sesuatu, dan yang terakhir adalah berdama dengan segala sesuatu” (Gerg C. Lichtenberg).

Category

%d bloggers like this: