HEAVENOUS

Kasih

Posted on: February 14, 2012

Yohanes 3:16

Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.”

Shalom!

Kunci perkenanan Tuhan adalah menjadi orang yang berkenan kepada Tuhan. Mengasihi TUhan adalah bagian dari perkenanan itu. Dunia membutuhkan kasih sayang berarti dunia membutuhkan Tuhan Yesus. Ketika kita menerima Roh Allah berarti kita memiliki kasih, Tuhan ingin kita mengalirkan kasih itu kepada dunia (Yohanes 7:38).

Di dalam keterpurukan, hendaklah kita saling introspeksi diri dan menguatkan lewat perkataan kita bukannya saling menyalahkan sehingga tercipta kedamaian dalam keluarga/komunitas kita. Bersikap proaktif untuk merubah keadaan yang tak nyaman menjadi keadaan yang nyaman dengan menyatakan tanda kasih sayang adalah makna dari hari kasih sayang yang sesungguhnya.

1 Yohanes 4:18-19 berkata Di dalam kasih tidak ada ketakutan: kasih yang sempurna melenyapkan ketakutan; sebab ketakutan mengandung hukuman dan barangsiapa takut, ia tidak sempurna di dalam kasih. Kita mengasihi, karena Allah lebih dahulu mengasihi kita.” Tuhan Yesus adalah kasih itu sehingga Ia tidak dikuasai oleh roh ketakutan (Matius 8:26). Hendaklah kasih sayang itu senantiasa ada dalam kehidupan kita.

Bagaimana tanda kasih sayang yang Tuhan nyatakan kepada kita?

  1. Tuhan memulihkan keadaan Petrus dengan menyemangatinya untuk kembali ke jalan yang benar, bukannya mengingatkan kesalahan yang telah Petrus lakukan dahulu kepada-Nya sehingga Petrus bangkit menjadi seorang pribadi yang luar biasa (Yohanes 21:15). Demikian juga kita, jika kita mengasihi Tuhan, berarti kita peduli terhadap jiwa-jiwa yang terhilang.
  2. Kadangkala peran beberapa imam dan pelayan Tuhan kalah oleh seseorang yang tak diperhitugkan dunia karena imam/pelayan Tuhan tidak mau menyalurkan kasih Tuhan kepada mereka yang membutuhkan (Lukas 10:33). Love promotes sacrifice service –kasih membutuhkan pengorbanan pelayanan. Hendaklah kita tidak hanya sebagai penerima kasih, tetapi juga penyalur kasih itu.

Kisah Rasul 15:16-17 berkata Kemudian Aku akan kembali dan membangunkan kembali pondok Daud yang telah roboh, dan reruntuhannya akan Kubangun kembali dan akan Kuteguhkan, supaya semua orang lain mencari Tuhan dan segala bangsa yang tidak mengenal Allah, yang Kusebut milik-Ku demikianlah firman Tuhan yang melakukan semuanya ini” Tujuan dari Pondok Daud dibangun yaitu agar orang lain yang di luar Kristus diselamatkan dan orang yang disebut milik Tuhan namun belum mengenal Tuhan akan meningkat standar kekristenannya (Hosea 6:3). Daud memiliki pengenalan akan Allah (tabut Allah) dan keintiman dengan Tuhan melalui doa, pujian dan penyembahan kepada Allah siang dan malam, maka Allah memilih pola ibadah Pondok Daud. Daud memiliki kerinduan hanya untuk menyenangkan hati Tuhan, itulah yang membuat Daud berkenan kepada Tuhan.

Hendaklah kita menyatakan tanda kasih kepada Tuhan dan sesama kita dengan mempersembahkan yang terbaik bagi mereka (Matius 26:13). Kita dipenuhi oleh kasih ketika kita dipenuhi dalam seluruh kepenuhan Allah sehingga Tuhan memampukan kita untuk menjangkau jiwa-jiwa bagi-Nya. Tuhan Yesus memberkati.

Category

%d bloggers like this: