HEAVENOUS

Hidup Jujur

Posted on: February 5, 2012

Yesaya 33:15-16

Orang yang hidup dalam kebenaran, yang berbicara dengan jujur, yang menolak untung hasil pemerasan, yang mengebaskan tangannya, supaya jangan menerima suap, yang menutup telinganya, supaya jangan mendengarkan rencana penumpahan darah, yang menutup matanya, supaya jangan melihat kejahatan, dialah seperti orang yang tinggal aman di tempat-tempat tinggi, bentengnya ialah kubu di atas bukit batu; rotinya disediakan air minumnya terjamin.”

Shalom!

Tahun 2012 adalah tahun pengukuran integritas seseorang. Kita tak perlu takut untuk hidup jujur meski kehilangan untung (Amsal 2:7) karena Tuhan jijik (menolak) dengan orang yang tak jujur (Mazmur 5:7).

Mengapa Daud berkenan di mata Tuhan? Daud sejak kecil ‘diincar’ oleh Tuhan karena Daud menghormati integritas, sehingga Daud dihormati oleh anaknya (1 Raja-Raja 3:6) maupun musuhnya (1 Samuel 29:6). Warisan terbesar bagi anak kita adalah teladan integritas kita.

Amsal 15:8 berkata Korban orang fasik adalah kekejian bagi TUHAN, tetapi doa orang jujur dikenan-Nya.”. Hidup jujur berarti berkata jujur (Matius 5:37), berani mengaku kesalahan, berani bertanggung jawab, jujur dalam keuangan, tidak curang/menipu. Berhati-hatilah, kebohongan kecil awal dari kebohongan besar. Hendaklah kita menghargai teladan pengorbanan Tuhan Yesus karena ketidakjujuran kita dengan tetap menjaga integritas hidup kita.

Bagaimana mengembangkan kehidupan yang jujur?

  1. Jangan terikat kepada harta duniawi (Lukas 17:32). Hati kita harus terikat hanya kepada Tuhan Yesus saja.
  2. Kejujuran diawali oleh hati yang tulus (Amsal 11:3). Hendaklah kita menginginkan hadirat Tuhan lebih lagi dan lebih banyak masuk menara doa.
  3. Hidup jujur adalah pilihan (komitmen). Disaat kita sedang sangat terdesak, tetap pertahankan kejujuran…karena nilai integritas seseorang dilihat dari kejujurannya.

Kejujuran ‘butuh harga’; namun hendaklah kita hidup jujur, benar (tak bercela) dan takut akan Tuhan meskipun tertindas, percayalah Tuhan memberikan kita otoritas untuk membalikan keadaan buruk menjadi mujizat. Tuhan Yesus memberkati.

Category

%d bloggers like this: