HEAVENOUS

Pesan Natal Gembala Rayon II

Posted on: January 27, 2012

Shalom,

Kita bersyukur kepada Tuhan karena anugerah-Nya kita akan memasuki tahun yang baru, tahun yang luar biasa, Tahun 2012 yaitu Tahun Perkenanan Tuhan (The Year of God’s favor).

Untuk memasuki tahun 2012 Tuhan minta kita memperhatikan tiga hal yang penting untuk mendapatkan perkenanan-Nya dalam hidup kita:

  1. Sikap hati yang benar di hadapan Tuhan. Hati adalah pusat intelek, perasaan dan kehendak kita. Hati kita adalah pusat dari kehidupan kita. Apa yang kita katakana dan yang kita lakukan semuanya berpusat pada hati. Itu sebabnya kita harus menjaga hati kita dengan segala kewaspadaan, karena dari hatilah terpancar kehidupan kita. Perhatikan bahwa mata Tuhan melihat sampai ke dalam hati kita, Tuhan menguji hati kita. Markus 11:25 Dan jika kamu berdiri untuk berdoa, ampunilah dahulu sekiranya ada barang sesuatu dalam hatimu terhadap seseorang, supaya juga Bapamu yang di sorga mengampuni kesalahan-kesalahanmu.” Pada saat kita berdoa yang Tuhan perhatikan adalah sikap hati kita. Hati yang mengampuni, mengembangkan kasih dan kerendahan hati serta kejujuran, mendoakan orang yang menganiaya kita, peduli kepada sesame, mengucap syukur dalam segala hal dan menghadapai kesulitan hidup dengan iman adalah contoh sikap hati yang benar di hadapan Tuhan. Ibadah kita akan berkenan di hadapan Tuhan jika hati kita bersih dari segala ganjalan, kemarahan atau sakit hati terhadap seseorang bahkan doa kita dijawab jika hati kita benar di hadapan Tuhan. Tuhan lebih melihat sikap hati kita dibandingkan dengan isi doa dan cara kita berdoa. Sikap hati yang benar menyukakan hati Tuhan.
  2. Memperhatikan perintah-perintah Tuhan. Yesaya 48:18-19 Sekiranya engkau memperhatikan perintah-perintah-Ku, maka damai sejahteramu akan seperti sungai yang tidak pernah kering, dan kebahagiaanmu akan terus berlimpah seperti gelombang-gelombang laut yang tidak pernah berhenti, maka keturunanmu akan seperti pasir dan anak cucumu seperti kersik banyaknya; nama mereka tidak akan dilenyapkan atau ditiadakan dari hadapan-Ku.” Kata memperhatikan memiliki arti “attention”, yaitu memperhatikan, “honor/glory”, yaitu memberikan keagungan dan kemuliaan serta “respect”, yaitu menghormati dengan cara meresponi dengan baik. Artinya ketika kita memperhatikan Firman Tuhan, berarti kita menghormati dan memuliakan Tuhan. Ketika kita menghormati Tuhan dengan memperhatikan Firman-Nya, maka Tuhan akan berkenan kepada kita dan kita akan menerima upah penghormatan tersebut. Perhatikanlah Markus 14:3 Ketika Yesus berada di Betania, di rumah Simon si kusta, dan sedang duduk makan, datanglah seorang perempuan membawa suatu buli-buli pualam berisi minyak narwastu murni yang mahal harganya. Setelah dipecahkannya leher buli-buli itu, dicurahkannya minyak itu ke atas kepala Yesus.” Wanita ini begitu menghormati Yesus dan ketika itu juga Yesus memberikan upah penghormatan kepada wanita tersebut. Dalam Markus 14:9 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di mana saja Injil diberitakan di seluruh dunia, apa yang dilakukannya ini akan disebut juga untuk mengingat dia.” Perintah Tuhan Yesus yang terdapat dalam Perintah dan Amanat Agung adalah berasa dari surga, dari Bapa Surgawi, tanpa campur tangan manusia tetapi perintah yang Tuhan Yesus berikan yang terdapat dalam Markus 14:9 tadi berasal dari sikap seorang wanita yang menghormati Tuhan dan Tuhan berkenan akan dia. Oleh sebab itu, marilah kita memperhatikan dengan sungguh-sungguh setiap Firman Tuhan yang kita terima.
  3. Tuhan memperhatikan perkataan yang keluar dari mulut kita. Amsal 18:21 Hidup dan mati dikuasai lidah, siapa suka menggemakannya, akan memakan buahnya.” Jagalah mulut kita dan perhatikan setiap perkataan yang kita ucapkan, karena Tuhan menaruh kuasa dalam setiap perkataan kita. Peringatan Tuhan untuk kita dalam Matius 12:36 Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap kata sia-sia yang diucapkan orang harus dipertanggungjawabkannya pada hari penghakiman.” Biarlah kita selalu mengucapkan kata-kata yang membangun yang menjadi berkat bagi kita juga bagi orang lain yang mendengarnya. Efesus 4:29 Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, di mana perlu, supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia.” Menjaga perkataan kita adalah salah satu bentuk penghormatan kita kepada Tuhan. Seperti seorang duta besar mewakili negaranya, demikian pula kita mewakili Kerajaan Sorga. Perkataan kita mewakili kuasa dan kemuliaan Kerajaan Sorga. Tuhan berjanji dalam Maleakhi 3:16 Beginilah berbicara satu sama lain orang-orang yang takut akan TUHAN: “TUHAN memperhatikan dan mendengarnya; sebuah kitab peringatan ditulis di hadapan-Nya bagi orang-orang yang takut akan TUHAN dan bagi orang-orang yang menghormati nama-Nya.”” Biarlah kita boleh mendapatkan perkenanan Tuhan dalam hidup kita di Tahun Perkenanan Tuhan.

Tuhan Yesus memberkati kita semua berlimpah-limpah. Amin.

Selamat Natal 2011 dan Tahun Baru 2012.

Category

%d bloggers like this: