HEAVENOUS

Keterampilan Mengelola Dan Memelihara

Posted on: January 24, 2012

 “TUHAN Allah mengambil manusia itu dan menempatkannya dalam taman Eden untuk mengusahakan dan memelihara taman itu.” (Kejadian 2:15)

“Suami saya seorang karyawan yang menerima gaji bulanan. Sebelum menerima gaji berikutnya, uang kami sudah habis. Kami selalu kekurangan uang. Gaji suami saya harus ditambah agar keuangan keluarga kami membaik. Tolong bantu doa supaya Tuhan membuat gaji suami saya bertambah.”

Pernyataan seperti itu sering diutarakan oleh umat Tuhan. Jika mereka kekurangan uang, mereka senantiasa mengambil kesimpulan bahwa penyebab utamanya adalah sedikitnya penghasilan mereka. Memang, kurangnya pendapatan bisa menyebabkan kekurangan uang. Namun, ini hanyalah salah satu kemungkinan penyebab. Dalam banyak kasus yang dapat ditemui, penyebab utama kekurangan uang bukanlah karena sedikitnya pendapata, tetapi lebih pada kurangnya kemampuan mengelola uang. Hal ini menyebabkan banyak orang beranggapan bahwa penyebab mereka kekurangan uang karena kurangnya pendapatan mereka.

TUHAN MEMBERIKAN TUGAS UNTUK MENGELOLA DAN MEMELIHARA TAMAN EDEN

Adam mendapatkan perintah dari Tuhan untuk mengusahakan (atau dengan kata lain mengelola) serta memelihara Taman Eden (Kej. 2:15). Oleh karena itu, fungsi utama manusia sebenarnya adalah “mengelola” dan “memelihara”. Setiap kita seharusnya menyadari bahwa TUhan menciptakan kita untuk mengelola dan memelihara apa yang dipercayakan Tuhan kepada kita. Jika Tuhan mempercayakan Taman Eden kepada Adam, Tuhan juga mempercayai kita untuk mengelola dan memelihara keluarga kita (termasuk uang). Dengan menjalankan tugas yang diberikan Tuhan untuk mengelola dan memelihara ini, kita tidak akan kekurangan uang.

TUHAN MEMPERLENGKAPI KITA DENGAN KEMAMPUAN UNTUK MENGELOLA DAN MEMELIHARA

“Saya tidak memiliki kemampuan mengelola uang”. Banyak umat Tuhan langsung mengemukakan alasan ini. Mereka berpikir karena tidak mendapatkan pendidikan formal di bidang keuangan, mereka tidak memiliki keterampilan ini.

Keterampilan untuk mengelola dan memelihara ini sebenarnya sudah ada dalam DNA kita. Tuhan tidak pernah memberikan tugas kepada kita jika Dia belum melengkapi kita dengan kemampuan untuk menyelesaikan apa pun yang Dia tugaskan. Sama seperti seorang pemimpin yang memberikan perintah kepada anak buahnya. Pemimpin ini akan memastikan bahwa orang yang diberi tugas sudah memiliki semua keterampilan untuk menyelesaikan tugas tersebut. Ketika ia memberikan perintah untuk menjuasl sesuatu, dia pasti sudah memperlengkapi anak buahnya dengan kemampuan menjual. Jika ia memerintahkan anak buahnya mengoperasikan suatu mesin, dia tentu memastikan anak buahnya memiliki keterampilan untuk melakukannya.

Oleh karena itu, ketika Tuhan memberikan perintah kepada Adam, Dia pasti telah memperlengkapi Adam untuk menyelesaikan tugas tersebut. Tuhan telah memberikan dasar kemampuan untuk mengelola dan memelihara. Memang, kemampuan ini harus senantiasa dipupuk dan dikembangkan sehingga menjadi maksimal. Namun, kita tidak boleh meremehkan dasar keterampilan yang sudah diletakan Tuhan dalam diri kita.

Mungkin anda berkata, “Sekarang saya sedang tidak berada dalam Taman Eden”. Memang, keadaan kita tidak sepenuhnya seperti dalam Taman Eden. Namun, bersama Tuhan keadaan yang paling buruk sekalipun akan menjadi seperti Taman Eden. Oleh karena itu, jangan terkecoh dengan keadaan kita. Seberapa parah keadaan keuangan kita, bersama Tuhan kita akan berhasil mengelolanya.

DASAR SEDERHANA PENGELOLAAN UANG

Dalam mengelola Taman Eden, Tuhan memberikan batas kepada Adam. Ada pohon yang buahnya bisa dimakan, ada juga pohon yang buahnya tidak boleh diambil oleh Adam. Dalam mengelola keuangan, kita juga harus menyadari bahwa ada bagian dari pendapatan kita yang tidak boleh diambil. Persepuluhan adalah bagian Tuhan yang tidak boleh kita ambil. Pajak adalah bagian negara / pemerintah yang tidak boleh kita sentuh. Selebihnya, kita bisa kelola uang kita sesuai dengan kebutuhan.

Kita semua sudah diberi Tuhan kemampuan untuk mengelola dan memelihara uang demi terwujudnya rencana Tuhan di muka bumi ini!

Category

%d bloggers like this: