HEAVENOUS

Peningkatan Kehidupan Di Tahun Yang baru

Posted on: January 15, 2012

1 Korintus 13:11-13

“Ketika aku kanak-kanak, aku berkata-kata seperti kanak-kanak, aku merasa seperti kanak-kanak, aku berpikir seperti kanak-kanak. Sekarang sesudah aku menjadi dewasa, aku meninggalkan sifat kanak-kanak itu. Karena sekarang kita melihat dalam cermin suatu gambaran yang samar-samar, tetapi nanti kita akan melihat muka dengan muka. Sekarang aku hanya mengenal dengan tidak sempurna, tetapi nanti aku akan mengenal dengan sempurna, seperti aku sendiri dikenal. Demikianlah tinggal ketiga hal ini, yaitu iman, pengharapan dan kasih, dan yang paling besar di antaranya ialah kasih.”

Shalom!

Untuk menghadapi tantangan dunia yang semakin buruk, diperlukan kualitas manusia yang semakin baik. Berbahagialah kita karena kita memiliki Roh Kudus yang menjadi penolong, penghibur dan penasehat ketika kita galau. Roh yang ada dalam diri kita lebih besar kuasanya dibanding roh yang di dunia sehingga kita adalah manusia-manusia dengan kualitas ekstra yang sanggup menghadapi lingkungan yang sulit. Kita diciptakan segambar dengan Allah maka hendaklah kita hidup dengan menghidupi Yesus Kristus yang ada dalam diri kita sehingga kehidupan kita menggambarkan citra diri Allah. Apa yang harus kita tingkatkan di tahun 2012 supaya kita menang menghadapi tantangan?

  1. Kerohanian. Hendaklah kita lebih memperhatikan apa yang tak terlihat dibanding apa yang terlihat secara jasmani. Yosua 1:8 berkata “Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung.” (bd. Roma 10:17). Kemenangan kita ditentukan oleh seberapa dekat kita dengan Allah (Matius 6:33). Firman Tuhan akan menguatkan kita ditengah goncangan, karenanya bacalah Firman Tuhan setiap hari sebelum datang waktunya dimana Firman Tuhan tidak dapat ditemukan lagi.
  2. Keluarga. Allah sangat mempedulikan kesejahteraan keluarga. Tata krama (rasa hormat) anak kepada orang tua harus tetap ada meskipun hubungannya seperti ‘teman’. Latihlah anak-anak kita beribadah (ada jam doa, mengontrol kebutuhan ibadah yang sesuai dengan usianya). Bagaimanapun jahatnya orang tua kita, mereka tetaplah orang tua kita, peliharalah keluarga kita! Berterimakasihlah kepada orang tua sekarang karena tiada gunanya menyesal ketika mereka sudah tiada. Keluarga harus bertumbuh semakin baik setiap harinya, kita harus hidup rukun karena dalam Kristus kita bersaudara. Diperlukan kerendahan hati untuk suatu perbaikan keluarga.
  3. Keuangan. Di hari-hari kedepan keadaan dunia akan semakin sulit. Berdoalah dan gunakan hikmat dari Tuhan untuk setia mengembangkan pekerjaan yang ‘sudah’ Tuhan percayakan kepada kita ketimbang sibuk memulai pekerjaan ‘yang baru’. Bangunlah kehidupan yang lebih baik (menabung, asuransi, menjaga kesehatan) karena percumalah kita memiliki kuasa untuk mencari/mendapatkan tetapi tidak memiliki kuasa untuk menikmati (1 Korintus 6:19-20). Tuhan memagari berkat yang ia beri kepada kita, yaitu melalui (1)kuasa darah Yesus (Ayub 1:10), (2)memenangkan jiwa (Matius 28:19), (3)memberi kepada mereka yang lemah (Amsal 19:17), (4)setia dalam perkara kecil/persepuluhan (Maleakhi 3:10).
  4. Keterampilan di dalam pelayanan. Kita harus mencari jiwa-jiwa baru dengan (1)bersaksi tentang Tuhan Yesus dengan kekuatan Roh bukan kekuatan jasmani (inti bersaksi: bagaimana keadaan kita sebelum menerima Tuhan Yesus, proses bagaimana menerima Tuhan Yesus, keadaan kita setelah terima Tuhan Yesus); (2)berdoalah sebelum melakukannya, mintalah tuntunan Tuhan agar Tuhan mengurapi kita dan orang yang kita tuju, lakukan pendekatan terlebih dahulu dengan target bukan dengan cara yang radikal, kemudian pelajari ‘sinyal’ dari target dan bersaksilah; (3)undang target untuk menerima Yesus dengan: akui dosa-tobat-buka hati-iman percaya-hidupku bukan aku lagi tetapi Yesus-ucapkanlah syukur. Menangkan jiwa dengan apa yang Tuhan beri pada kita (apa yang kita miliki). Tuhan Yesus memberkati.

Category

%d bloggers like this: