HEAVENOUS

Doa Yang Dijawab Tuhan

Posted on: November 13, 2011

Yakobus 5:16-17

Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya. Elia adalah manusia biasa sama seperti kita, dan ia telah bersungguh-sungguh berdoa, supaya hujan jangan turun, dan hujan pun tidak turun di bumi selama tiga tahun dan enam bulan.”

Shalom!

Tuhan menginginkan agar kita banyak berdoa karena dunia di hari-hari ke depan semakin kacau dan akan ada banyak tekanan; tetapi puji Tuhan karena kasih karunia-Nya, kerajaan-Nya (gereja-Nya) tidak akan tergoncangkan.

Bagaimana agar doa-doa kita dijawab Tuhan?

  1. Berdoa dengan sungguh-sungguh. Sungguh-sungguh berarti ‘saling mengaku dosa kita/bersedia dilepaskan dari segala hal yang tidak berkenan di hadapan Allah’ (Mazmur 19:13-15). Ketika kita berdosa berarti kita sedang melawan Allah, maka segeralah bertobat dan janganlah jatuh ke dalam dosa yang sama. Sungguh-sungguh juga berarti ‘doa orang benar’. Orang benar berarti perkataan sesuai dengan perbuatan; hidup di dalam ketaatan; memiliki keyakinan yang teguh kepada Firman Tuhan dan terhadap tindakan kita sehingga Tuhan akan disenangkan dan turut bekerja. Dalam 1 Raja-Raja 18:30-39 disebutkan bahwa Elia adalah orang benar karena sasaran doanya benar yaitu agar nama Tuhan dipermuliakan (1 Raja-Raja 18:37); juga Elia memperbaiki mezbah Tuhan (ingat: kita adalah mezbah Allah) dengan memiliki sikap hati yang murni di hadapan Tuhan (Markus 11:25; Amsal 4:23).
  2. Memiliki kesatuan (unity) satu dengan yang lain (1 Raja-Raja 18:31-32). Orang yang tidak mau bersatu adalah orang sombong. Hendaklah kita menjadi orang Kristen yang sejati dengan hidup benar dan rendah hati di hadapan Tuhan.
  3. Mempersembahkan ‘korban’ kepada Tuhan (1 Raja-Raja 18:33; Roma 12:1). Semua peristiwa yang Tuhan izinkan terjadi dalam hidup kita adalah sebuah proses pembelajaran agar kita memahami bagaimana melakukan ibadah yang sejati kepada Tuhan sehingga kita menjadi orang yang tangguh dan berkenan kepada Tuhan.
  4. Mempersembahkan sesuatu yang sangat berharga dan mahal bagi kita kepada Tuhan (1 Raja-Raja 18:34). Sesuatu yang mahal itu berbeda-beda bagi setiap orang, mungkin itu bisa berupa uang, kesombongan, ataupun pengampunan, dll. Ketika Tuhan belum juga menjawab doa kita, janganlah minder… tetapi yakinlah bahwa Tuhan adalah Allah yang setia menepati janji-Nya sehingga orang di sekitar kita pun akan melihat kemuliaan Tuhan terjadi. Tuhan Yesus memberkati.

Category

%d bloggers like this: