HEAVENOUS

Call Of Duty

Posted on: November 8, 2011

Roma 12:1-2

Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati. Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.”

Shalom!

Sebagai orang Kristen kita memiliki tugas/tanggung jawab, yaitu “panggilan” bukan untuk hanya sekedar menikmati/menerima sesuatu dari Tuhan tetapi kita juga harus bersedia melakukan kewajiban kita. Kewajiban yang harus kita lakukan sebagai orang yang sudah banyak menikmati kemurahan Tuhan, yaitu:

  1. PRESENTATION – “…persembahkanlah tubuhmu”. Roma 6:13 berkata Dan janganlah kamu menyerahkan anggota-anggota tubuhmu kepada dosa untuk dipakai sebagai senjata kelaliman, tetapi serahkanlah dirimu kepada Allah sebagai orang-orang, yang dahulu mati, tetapi yang sekarang hidup. Dan serahkanlah anggota-anggota tubuhmu kepada Allah untuk menjadi senjata-senjata kebenaran.” Jangan menganggap bahwa setanlah/orang lain/keadaan yang memaksa kita berbuat dosa, karena sebenarnya kitalah yang bertanggung jawab penuh untuk mengendalikan/berkuasa untuk melakukan dosa atau tidak. Jangan terbiasa/biarkan hal-hal negatif masuk ke dalam hidup kita, kita harus menjaga tubuh kita karena tubuh ini adalah milik Tuhan. Tuhan sangat berharap bahwa hidup kita semakin mulia dan berharga nilainya sebab ‘tubuh kita adalah asetnya Tuhan’.
  2. SEPARATION – “jangan menjadi serupa dengan dunia”. Jangan mau terkontaminasi dengan dunia supaya dunia tidak memasukan kita ke dalam ‘daftarnya’ karena Tuhan ingin memiliki umat yang berbeda dari dunia (unique). Beranilah untuk memisahkan diri (hidup berbeda) untuk tidak mengambil bagian dengan perkara-perkara yang akan mencemari diri kita di hadapan Tuhan. ‘In order to be irreplaceable, one must always be different’ – Coco Chanel.
  3. TRANSFORMATION – “tapi berubahlah…”. Berubah bisa terjadi karena dua hal, yaitu berubah karena memang direncanakan (change by design) atau berubah karena kecelakaan (change by accident). Berubahlah dalam cara berpikir kita (pembaharuan budi) agar kita tetap bertahan (exist).
  4. DEMONSTRATION – “supaya engkau dapat membedakan apa yang baik, berkenan dan sempurna”. Hanya dengan mempersembahkan tubuh kita sebagai milik Tuhan dan merubah hidup kita bagi Tuhan, maka kita bisa mendemonstrasikan kehidupan yang memancarkan Kristus bagi dunia. Tuhan Yesus memberkati.


Category

%d bloggers like this: