HEAVENOUS

Dari Ziklag Ke Hebron

Posted on: August 7, 2011

Shalom!

Eden berarti sukacita. Dari Eden mengalir 4 sungai, yaitu Pison (kelimpahan), Gihon (kemenangan), Tigris (keintiman) dan Efrat (kesuburan) – Kejadian 2:10-14. Itulah berkat-berkat yang Tuhan telah sediakan bagi kita.

Taman Eden adalah suatu tempat yang sangat besar yang terletak di antara Sungai Tigris dan Efrat. Hebron adalah pintu gerbang ke Taman Eden, dan Ziklag adalah jalan menuju ke Hebron yang berliku-liku. Ketika hari-hari ini hidup kita sedang berliku-liku (hubungan keluarga, karir, dll) berarti kita sedang berada di Ziklag. Tetapi jalan menuju ke Hebron tinggal selangkah lagi. Berikut adalah karakter Kristus yang harus kita miliki untuk menuju ke Hebron, yaitu:

  1. Dapat dipercaya. 1 Tawarikh 12:1-2 berkata ” Inilah orang-orang yang datang kepada Daud di Ziklag, selama ia harus menyingkir karena Saul bin Kish. Mereka pun termasuk pahlawan-pahlawan yang membantu dia dalam peperangan. Mereka bersenjatakan panah, dan sanggup melontarkan batu dan menembakkan anak-anak panah dari busur dengan tangan kanan atau tangan kiri. Mereka itu dari saudara-saudara sesuku Saul, dari orang BenyaminKetika Tuhan mengizinkan kehidupan kita berada di atas angin terhadap orang-orang yang pernah menyakiti kita, jangan ambil kesempatan itu untuk membalas dendam, karena pembalasan dendam hanyalah hak Tuhan, jangan merasa bahwa kita telah di Hebron tetapi berbelaskasihanlah kepadanya (contoh di Alkitab: Yusuf & Daud). Jagalah dan pegang perkataan kita. 1 Korintus 4:1-2 berkata “Demikianlah hendaknya orang memandang kami: sebagai hamba-hamba Kristus, yang kepadanya dipercayakan rahasia Allah. Yang akhirnya dituntut dari pelayan-pelayan yang demikian ialah, bahwa mereka ternyata dapat dipercayai.” Amsal 19:22 berkata “Sifat yang diinginkan pada seseorang ialah kesetiaannya; lebih baik orang miskin dari pada seorang pembohong.”
  2. Mengerjakan keselamatan sesuai dengan kasih mula-mula. 1 Tawarikh 12:8,14 berkata “Juga dari orang Gad ada yang memisahkan diri dan pergi kepada Daud ke kubu di padang gurun, yakni pahlawan-pahlawan yang gagah perkasa, orang-orang yang sanggup berperang, yang pandai menggunakan perisai dan tombak, dan rupa mereka seperti singa dan cepatnya seperti kijang di atas pegunungan. … Mereka itulah dari bani Gad, kepala-kepala pasukan; satu orang yang paling kecil sanggup melawan seratus orang, dan yang paling besar sanggup melawan seribu orang.” Jadilah tentara Tuhan yang selalu siap berperang, tetaplah berdoa, membaca Alkitab dan berpuasa supaya kita tidak jatuh ke dalam pencobaan dan tetap teguh di dalam iman ketika berada dalam goncangan.
  3. Mudah mengampuni. 1 Tawarikh 12:19,21 berkata “Juga dari Manasye ada yang menyeberang memihak kepada Daud, ketika ia bersama-sama orang Filistin memerangi Saul. Sebenarnya ia tidak menolong mereka, sebab setelah mengambil keputusan raja-raja kota orang Filistin itu menyuruh dia pergi, katanya: “Mungkin, dengan taruhan kepala kita, ia menyeberang memihak kepada tuannya, Saul.” Mereka ini membantu Daud melawan gerombolan, sebab mereka semua adalah pahlawan-pahlawan yang gagah perkasa dan kepala dalam tentara.” Hanya orang-orang yang mudah mengampuni dan melupakan kesalahan orang lain yang akan masuk Surga (Matius 6:14-15).
Tuhan Yesus memberkati.

Category

%d bloggers like this: