HEAVENOUS

Menaklukan Ketakutan

Posted on: May 2, 2011

II Timotius 1:7

“Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban.”

Shalom!

Kejadian manusia itu dahsyat dan ajaib karena roh manusia berasal dari Allah sehingga manusia adalah satu paket komplit dengan berbagai potensi Ilahi yang mampu melakukan hal yang dahsyat dan perkasa. 1 Korintus 2:9 berkata “Tetapi seperti ada tertulis: “Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia.” Manusia yang telah mengetahui potensi Ilahi dalam dirinya dan memaksimalkannya adalah ancaman besar bagi iblis. Oleh karena itu, iblis akan berusaha semaksimal mungkin untuk mematikan potensi Ilahi yang manusia miliki (Yohanes 10:10), salah satunya melalui rasa takut. Ketakutan adalah hambatan terbesar dalam memaksimalkan potensi Ilahi dalam kehidupan Anda.

                Prinsip-prinsip Firman Tuhan dalam menaklukan ketakutan, yaitu:

1.       Stop running!

Berhentilah berlari dan menghindar dari apa yang Anda takutkan! Ayub 3:25 berkata “Karena yang kutakutkan, itulah yang menimpa aku, dan yang kucemaskan, itulah yang mendatangi aku.” Ketakutan adalah iman kepada iblis. Jadi, janganlah takut, hadapi ketakutan Anda seperti Daud berani mengalahkan Goliat! Tuhan menciptakan Anda bukan untuk ditaklukan, tetapi untuk hidup dalam kemenangan.

2.       Ketahuilah bahwa Tuhan ada di pihak Anda

Allah Bapa sangat baik dan Dia sangat rindu untuk memberikan Kerajaan-Nya kepada Anda (Lukas 12:31-32), yaitu “Apa yang baik, yang kamu miliki, janganlah kamu biarkan difitnah. Sebab Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus” (Roma 14:16-17). Tuhan memang mengizinkan pencobaan datang dalam kehidupan Anda tetapi bukan Dia yang memberikan pencobaan tersebut, melainkan iblis.

3.       Temukan identitas Anda sebagai anak Allah

Roma 8:15 berkata “Sebab kamu tidak menerima roh perbudakan yang membuat kamu menjadi takut lagi, tetapi kamu telah menerima Roh yang menjadikan kamu anak Allah. Oleh Roh itu kita berseru: “ya Abba, ya Bapa!”.” Status Anda bukanlah ‘hamba’, melainkan ‘anak’ sehingga Anda ‘berhak’ memanggil Dia ‘Bapa’ dan memiliki hubungan yang sangat hangat dengan Tuhan sebab tidak ada jarak antara Anda dengan Tuhan.

4.       Gunakanlah kuasa Firman Allah

2 Petrus 1:4 berkata “Dengan jalan itu Ia telah menganugerahkan kepada kita janji-janji yang berharga dan yang sangat besar, supaya olehnya kamu boleh mengambil bagian dalam kodrat Ilahi, dan luput dari hawa nafsu duniawi yang membinasakan dunia.” Firman Tuhan adalah pedang Roh yang membawa kita ke dalam kemenangan (Efesus 6:17). Selalu mendengar, memperkatakan dan melakukan Firman Tuhan dalam hidup Anda! Tuhan Yesus memberkati.

Category

%d bloggers like this: