HEAVENOUS

Kekuatan Karakter vs Kemurnian Karakter

Posted on: March 10, 2011

  • In: GBI Sukawarna
  • Comments Off on Kekuatan Karakter vs Kemurnian Karakter

Orang Kristen menganggap pembentukan karakter sebagai suatu tujuan mulia yang berdiri sendiri dan bernilai kekal, bukan hanya sebagai komponen pendukung untuk meraih kesuksesan.

Kekuatan karakter akan membantu kita meraih kesuksesan tetapi kemurnian karakter akan membuat kita tetap berada di dalam posisi kesuksesan. Tolok ukur keberhasilan bukan pencapaian kesuksesan tetapi karakter yang dipanaskan dan jadi benar di hadapan Tuhan.

Kekuatan karakter akan membawa berkat bagi diri kita sendiri dan “kelompok” kita saja, sedangkan kemurnian karakter akan membuat kita menjadi berkat bagi semua orang.

Kekuatan karakter akan membuat kita bisa, menikmati barang-barang tanda kesuksesan kita, tapi kemurnian karakter akan membawa kita menikmati persekutuan yang intim dengan Tuhan dan rasa penerimaan diri yang sesungguhnya. Tuhan bukan saja mengasihi kita tetapi menyukai kita. Penerimaan Tuhan sebagai sahabat yang mampu memenuhi kekosongan jiwa kita.

Komponen karakter ilahi

  1. Identitas yang ilahi – (Amsal 23:7), belajar melihat dan menilai diri kita sebagaimana Pencipta kita melihat kita, izinkan Roh Kudus menulis identitas baru dalam diri kita (dari nama Yakub (penipu) menjadi nama Israel (juara))
  2. Tempramen yang dikuasai oleh Roh Kudus – suasana hati akan menimbulkan tindakan menimbulkan kebiasaan menimbulkan karakter menimbulkan nasib (destiny), izinkan Roh Kudus (Roh Penghibur) yang menenangkan dan meneduhkan hati kita senantiasa (Yes 26:3)
  3. Nilai-nilai yang Alkitabiah – mana yang lebih berharga? Benda-benda material atau hubungan-hubungan yang kita miliki? Melakukan apa yang benar atau menyelamatkan citra diri kita? Barang yang tidak bermutu tapi harganya mahal = barang yang punya price (harga) tapi tidak punya value (nilai) = barang tak berharga
  4. Disiplin diri yang teguh dalam segala situasi bukan saat situasi menyenangkan saja!

Bagaimana untuk hidup menghasilkan buah?

  1. Focus (Mazmur 1:1-3; Fil 3:13-14; Yos 24:14-15)
  2. Fixed (Yoh 15:5) – kalau hidup kita ga selaras dengan Tuhan, itu jadi celah iblis untuk membinasakan kita
  3. Faithful (Mat 24:46; Mazmur 92:14-16) – terus produktif

Category

%d bloggers like this: